SUARA INDONESIA

PDIP Bakal Keluarkan Rekom untuk Calon Bupati Situbondo Satu Hari Sebelum Pendaftaran ke KPU

Syamsuri - 15 August 2024 | 16:08 - Dibaca 1.13k kali
Politik PDIP Bakal Keluarkan Rekom untuk Calon Bupati Situbondo Satu Hari Sebelum Pendaftaran ke KPU
Ketua Desk Pilkada DPC PDIP Situbondo, Rudi Afianto. (Foto: Syamsuri/Suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA, SITUBONDO - Pelaksanaan pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Situbondo tinggal 12 hari lagi. Walau demikian, sampai saat ini masih belum ada satupun calon yang menerima rekomendasi sebagai persyaratan untuk mendaftar ke KPU dari partai pengusung, kecuali Partai Demokrat sebagai pengusung calon petahana.

Khusus calon kepala daerah yang mendaftar lewat PDIP, baik calon gubernur, wakil gubernur, maupun calon bupati dan wakil bupati, akan dilaksanakan sebanyak tiga tahap. Dan untuk saat ini sudah memasuki tahap kedua.

Sementara untuk tahap ketiga (tahap akhir) kalau tidak ada perubahan akan diumumkan pada 26 Agustus 2024 atau sehari sebelum pendaftaran di KPU dimulai.

Ketua Desk Pilkada DPC PDIP Situbondo, Rudi Afianto mengatakan, untuk pengumuman rekom yang disampaikan kemarin oleh DPP PDIP itu, bakal calon kepala daerah di luar Jawa. Sedangkan untuk sisanya akan diumumkan satu hari sebelum pendaftaran ke KPU dimulai, termasuk calon bupati dan wakil bupati dari Situbondo.

"Jadi dari delapan calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar ke DPC PDIP Situbondo itu, akan diambil satu pasangan calon yang akan diberi rekom oleh DPP PDIP," ujarnya, Kamis (15/08/2024).

Kata Rudi, sapaan akrab Sekretaris DPC PDIP Situbondo, untuk saat ini kita masih menggalang hubungan baik dengan semua partai partai yang ada di Kabupaten Situbondo, baik partai yang mendudukkan kadernya di parlemen maupun partai partai yang tidak dapat jatah kursi di DPRD Situbondo.

"Jadi hasil diskusi kita dengan partai yang lain yaitu menyampaikan harapan PDIP dan kami meyakini semua partai yang ada ini ingin partainya menjadi lebih besar dan partai kami sendiri mempunyai materi untuk didiskusikan dengan partai partai lain.

"Tetapi ini kan masih proses, jadi sebelum rekom itu diturunkan dari DPP PDIP, proses ini masih terus berjalan, tetapi yang namanya dinamika politik, sebelum pendaftaran itu masih bisa berubah," bebernya.

Oleh karena itu, apapun yang terjadi, kami tetap akan menghargai pendapat dan keputusan partai partai lain, tetapi perlu dipahami juga atas sikap PDIP yang kita ambil.

"Namun terkait calon yang direkom, yang jelas kami tidak akan mendahului dan menyampaikan siapa diantara calon yang mendaftar ke DPC PDIP Situbondo yang direkom sebelum ada Keputusan resmi dari Ibu Ketua Umum DPP PDIP," terangnya

Lebih lanjut Rudi menjelaskan, bagi calon Bupati dan Wakil Bupati yang mendaftar ke PDIP ini tidak ada surat penugasan, tetapi langsung diberi rekom oleh DPP.

“Jadi dari delapan calon Bupati dan Wakil Bupati Situbondo yang mendaftar ke DPC PDIP sudah kami proses datanya. Dan semuanya sudah kami kirim ke DPW dan DPP PDIP, untuk hasilnya kita tunggu saja. Satu hari sebelum acara pendaftaran ke KPU itu dimulai,” pungkas Rudi Afianto. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV