SUARA INDONESIA

Dinilai Mampu Komitmen Soal Pendidikan Agama, Kyai Dukung Syamsul-Ammy di Pilkada Cilacap

Satria Galih Saputra - 10 October 2024 | 23:10 - Dibaca 231 kali
Politik Dinilai Mampu Komitmen Soal Pendidikan Agama, Kyai Dukung Syamsul-Ammy di Pilkada Cilacap
Puluhan Kyai di wilayah Eks-Kotip Cilacap yang tergabung di dalam Sarung Kyai bersama Calon Bupati Syamsul Auliya Rachman saat deklarasi dukungan. (Foto: Galih/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Pasangan Calon Bupati-Calon Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman-Ammy Amalia Fatma Surya banjir dukungan di pemilihan kepala daerah (Pilkada 2024). Kali ini, dukungan datang dari relawan yang mengatasnamakan Sarung Kyai.

Dukungan terhadap Paslon nomor urut 3 ini, dibuktikan dengan pernyataan sikap dan deklarasi yang dilakukan di Aula Rumah Makan Sidoroso yang berlokasi di Jalan Rinjani, Cilacap, Kamis (10/10/2024).

Dalam kesempatan itu, Calon Bupati yang akrab disapa Syamsul ini tampak hadir menyapa perwakilan kyai di wilayah Eks-Kotip Cilacap. 

"Hari ini kita mengumpulkan para kyai yang tergabung di dalam Sarung Kyai (Syamsul Auliya Rachman didukung oleh kyai). Ini merupakan kegiatan kedua kami di wilayah Eks-Kotip Cilacap, dan alhamdulillah Mas Syamsul hadir," ujar Koordinator Relawan Sarung Kyai Gus Soim.

"Beliau tadi berkomitmen dengan para kyai, dimana calon pemimpin kita ini betul-betul mau mendengarkan tokoh agama berkaitan dengan kepentingan keumatan yaitu kebutuhan pendidikan agama dipastikan akan terpenuhi dengan baik di bawah kepemimpinannya nanti," imbuhnya.

Sementara itu, berkaitan dengan dukungan dari para kyai terhadap Syamsul sendiri bukan tanpa alasan. Gus Soim mengaku Calon Bupati nomor urut 3 ini bersedia untuk berkomitmen dengan kyai di bidang pendidikan keagamaan. Salah satunya bersedia mengembalikan aturan enam hari sekolah di Cilacap.

Oleh sebab itu, ia bersama para kyai lainnya yang tergabung di dalam Sarung Kyai, mendukung calon yang diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut. "Komitmen beliau sudah dibuktikan dengan track record selama menjadi Wakil Bupati dulu," ungkap Gus Soim.

"Kami dulu juga mendukung beliau. Dan beliau komitmen dengan apa yang telah disepakati dengan berani menandatangani Pakta Intergritas yang kami ajukan. Oleh karena itu, kami para kyai mendukung beliau kembali," tandasnya.

Lebih lanjut, Gus Soim memastikan para kyai pendukung Syamsul Auliya Rachman ini bersedia untuk mendukung penuh di Pilkada Cilacap. "Full power mendukung Pak Syamsul dan kami solid," katanya.

"Insyaallah para kyai yang ada di Cilacap, mayoritas ada di belakang beliau dan siap mensukseskan. Kebetulan total relawan kami se-Kabupaten ada 1.500 lebih kyai," lanjutnya.

Sementara Calon Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman menyambut baik dukungan yang diberikan oleh para kyai kepadanya yang tergabung di dalam Sarung Kyai tersebut.

"Tadi para kyai menitipkan beberapa pesan dan harapan, terutama bagaimana pendidikan keagamaan di Cilacap, ke depan agar semakin diperhatikan baik dari segi regulasinya maupun perhatian pemerintah yang lainnya," ungkap Syamsul.

"Oleh karena itu, ini tentunya hal yang baik dan menjadi catatan kami ke depan, program Syamsul-Ammy untuk mengoptimalkan regulasi di bidang pendidikan keagamaan, khususnya di Pondok Pesantren," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV