SUARA INDONESIA

Warga Jombang Temukan Batu Bata Kuno saat Membuat Resapan Air

Gono Dwi Santoso - 23 July 2023 | 19:07 - Dibaca 2.28k kali
Sejarah Warga Jombang Temukan Batu Bata Kuno saat Membuat Resapan Air
Ketua Takmir Masjid An-Na'im, Gus Karim Elmuna menujukkan batu bata kuno yang ditemukan saat menggali resapan air masjid di Desa Mayangan, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang. (Foto: Gono Dwi Santoso/Suaraindonesia.co.id).

JOMBANG, Suaraindonesia.co.id, - Warga Desa Mayangan, Kecamatam Jogorot, Kabupaten Jombang, Jawa Timur menemukan potongan batu bata kuno yang diduga peninggalan masa kerajaan, Minggu (23/07/2023).

Potongan batu bata kuno itu ditemukan warga saat sedang membuat air resapan di samping Masjid An-Na'im desa setempat.

Lokasi penggalian sumur resapan berada di sisi selatan Masjid An-Na'im, tepatnya di sebelah barat samping sumur tua yang konon disebut-sebut peninggalan pendiri Nahdlatul Ulama, KH. Hasyim Asy'ari.

Ketua Takmir Masjid An-Na'im, Gus Karim Elmuna menjelaskan bahwa potongan batu bata kuno itu ditemukan dengan kondisi tidak utuh dan berserakan.

"Batu bata kuno kita temukam dalam satu tempat tapi tidak membentuk struktur bangunan. Kemungkinan diduga sisa bangunan masjid lama yang dikumpulkan di situ," terangnya kepada Suara Indonesia.

Gus Karim mengatakan, dari segi ukuran batu bata itu juga diduga peninggalan masa kerajaan Majapahit. "Dengan ciri khas berukuran besar dan tebal. Beberapa bata juga ada corak garis lengkung ditemukan di kedalaman 1,5 meter. Memiliki ukuran panjang 25 cm dan lebar 20 cm,’’ terangnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV