SUARA INDONESIA

Menengok Punden Mbok Denok, Sosok Pembabat Alas Cikal Bakal Berdirinya Kampung Lakarsantri Surabaya

Lukman Hadi - 17 September 2023 | 16:09 - Dibaca 3.05k kali
Sejarah Menengok Punden Mbok Denok, Sosok Pembabat Alas Cikal Bakal Berdirinya Kampung Lakarsantri Surabaya
Punden Mbok Denok sosok yang menjadi cikal bakal berdirinya kampung Lakarsantri Surabaya. (Foto: Lukman Hadi/Suaraindonesia.co.id)

SURABAYA, Suaraindonesia.co.id - Di Lakarsantri Surabaya, ternyata terdapat sebuah punden yang oleh sebagian orang dipercayai sebagai makam tokoh dan menjadi cikal bakal kawasan tersebut.

Namanya Punden Dewi Larasati alias Mbok Denok yang terletak di tengah-tengah Lapangan Golf Citraland Surabaya.

Ketua RW 04 Kelurahan Lakarsantri, Heri Sutikno menjelaskan, dari cerita yang ia dapatkan turun temurun, jika dulunya nama kampung Lakarsantri ialah Kalisantri.

"Kami punya satu cikal bakal berdirinya kampung Kalisantri (sekarang Lakarsantri, Red)," kata Heri saat ditemui selepas acara sedekah bumi di RW 04 Kelurahan Lakarsantri, Surabaya, Minggu (17/09/2023).

Ia menyampaikan, Mbok Denok inilah sosok yang membabat alas atau cikal bakal berdirinya kampung Lakarsantri di Surabaya Barat.

"Mbok Denok ini adalah cikal bakal berdirinya kampung kami yang dulu namanya Kalisantri, sebelum masuk di Pemkot Surabaya menjadi Lakarsantri," beber Heri kepada Suaraindonesia.co.id.

Ia mengungkap, warga setempat memiliki tanggung jawab untuk merawat kondisi punden. Terbaru, kata dia, berbagai renovasi di punden seperti pembangunan paving hingga pendapa sudah dilakukan. 

Meski sakral, Heri menegaskan, keberadaan punden tersebut tidak untuk dijadikan sebagai tempat sesembahan oleh warga.

"Jadi bukan terfokus di suatu yang berbau mistis. Di situ kami nanti akan tulisi bahwa 'hanya meminta kepada Allah', seperti itu," pungkasnya.

Dari pantauan Suaraindonesia.co.id di lokasi, punden Mbok Denok yang berada di tengah Lapangan Golf Citraland Surabaya ini nampak terawat dengan baik. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV