SUARA INDONESIA

Jelang Tahun Baru, Ini Refrensi Destinasi Wisata Pantai di Kabupaten Sumenep

Wildan Mukhlishah Sy - 29 December 2022 | 11:12 - Dibaca 2.10k kali
Wisata Jelang Tahun Baru, Ini Refrensi Destinasi Wisata Pantai di Kabupaten Sumenep
Pantai Sembilan, yang ada di Desa Bringsang Kecamatan Gili Genting (Foto: instagram @ikkyas)


SUMENEP - Pergantian tahun baru menjadi hal yang dinanti-nantikan banyak orang.

Kebanyakan orang merayakannya dengan pergi berlibur bersama keluarga, teman atau pasangan. 

Tak ketinggalan, masyarakat di Kabupaten Sumenep. Sebuah kawasan di ujung timur Pulau Madura yang dikenal memiliki ratusan pulau penuh dengan estetika, dengan destinasi alam yang sangat menawan dan alami. 

Berbagai tempat wisata di Sumenep cukup terkenal di kalangan wisatawan, mulai dari lokal hingga mancanegara. Baik itu wisata religi, wisata pusaka, maupun wisata alam benar-benar menjadikan kota keris ini tidak boleh dilewatkan dalam daftar liburan anda, apalagi di pergantian tahun. 

Suaraindonesia.co.id kali ini akan menghadirkan beberapa referensi destinasi wisata di Sumenep yang bisa dijadikan daftar tempat liburan saat liburan akhir tahun. 

1. Pantai Lombang

Pantai Lombang merupakan salah satu dari sekian banyak destinasi wisata favorit di Kabupaten Sumenep. 

Lokasinya berada di Desa Lombang, Kecamatan Batang-batang, Kabupaten Sumenep, atau sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota. 

Hamparan pasir putih dengan luas kurang lebih 12 KM yang dihiasi ribuan pohon pinus menjadikan tempat ini memiliki daya tarik tersendiri, sehingga berhasil memikat hati para pengunjung. 

Tak hanya menikmati keindahan pantainya, wisatawan juga bisa mencoba beberapa fasilitas yang ditawarkan di Pantai Lombang, seperti menunggang kuda, naik perahu bahkan berenang. 

Setelah lelah beraktivitas, tentunya Anda bisa menyegarkan diri dengan meminum air tawar dan kuliner khas Sumenep yang disajikan di warung-warung setempat. 

Jika berminat mengunjungi wisata ini, pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp 10.000 per orang. 

2. Pantai Slopeng

Bergeser dari Pantai Lombang, Pantai Slopeng bisa Anda pilih sebagai destinasi wisata selanjutnya saat menikmati liburan akhir tahun. 

Destinasi wisata yang terletak di Kecamatan Dasuk ini memiliki garis pantai yang luas, dengan panjang lebih dari 6 kilometer. Pantai ini disebut-sebut sebagai lokasi yang eksotik, sangat cocok untuk liburan keluarga. 

Dengan luas pantai yang luas, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas di sana, seperti bermain voli, menunggang kuda, atau membuat istana pasir. 

Jika Anda pecinta senja, maka tempat ini harus masuk dalam daftar tempat wisata di Sumenep yang wajib Anda kunjungi. 

Semilir angin sepoi-sepoi, lengkap dengan deburan ombak yang tenang, menjadi suasana harmonis yang akan menemani Anda menyaksikan sunset di sore hari. 

Untuk tiket masuk Pantai Slopeng dibanderol Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu per orang. 

3. Sembilan Pantai

Jika kita berbicara tentang wisata pantai di Bumi Sumekar, maka Pantai Sembilan tidak bisa lepas dari daftar wajib. Pasalnya, objek wisata yang terletak di Pulau Gili Genting, Desa Bringsang, Sumenep ini menjadi destinasi wisata yang sangat digandrungi masyarakat, sejak beberapa tahun terakhir. 

Untuk menuju lokasi Anda bisa menempuh rute dari Pelabuhan Tanjung, Kecamatan Saronggi, menuju Pelabuhan Bringsang. Setelah sampai, anda hanya perlu berjalan kaki menuju lokasi pantai, karena jaraknya cukup dekat dengan Pelabuhan. 

Saat tiba di lokasi, pengunjung akan disuguhi hamparan pasir putih yang berpadu dengan air laut yang biru dan jernih di sana. Hal itulah yang memikat, bagi wisatawan, hingga membuat mereka ingin kembali lagi. 

Untuk memperkirakan biaya selama perjalanan, pengunjung perlu merogoh kocek Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu saja. 

4.Gili Labak

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Sumenep memiliki surga bawah laut yang mampu memikat pengunjung. Gili Labak, merupakan salah satu wisata pantai yang paling berkesan bagi pengunjung. 

Pasalnya, pantai yang terletak di Pulau Gili Labak, Desa Kombang, Kecamatan Talango ini menawarkan pemandangan bawah laut yang indah, dengan beragam biota yang cantik. 

Lokasi ini sangat cocok untuk pecinta snorkeling. Keindahan terumbu karang yang masih terjaga membuat banyak ikan lucu hidup di dalamnya, salah satunya ikan badut atau lebih dikenal dengan ikan nemo. Hal inilah yang berhasil menarik pengunjung, sehingga bisa menghabiskan waktu lama di bawah laut.

Jadi kami sarankan bagi anda yang ingin berkunjung ke lokasi ini, jangan lupa untuk membawa kamera underwater, untuk mengabadikan momen disana. 

Untuk biaya kapalnya sendiri biasanya pengunjung akan dimintai biaya mulai dari Rp 300.000 tergantung jumlah penumpang. 

5. Pulau Gili Iyang 

Pulau Gili Iyang, atau biasa dikenal dengan pulau sejuta oksigen. Pulau yang terletak di Kecamatan Dungkek ini disebut-sebut sebagai tempat dengan kandungan oksigen terbaik kedua di dunia. 

Karena itu, Pemkab Sumenep bahkan menetapkan Pulau Gili Iyang sebagai destinasi wisata kesehatan. 

Tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin menikmati akhir tahun tanpa hiruk pikuk kota dan kebisingan atau polusi dari kendaraan bermotor.

Tak hanya bisa menikmati segarnya oksigen, pulau ini juga menawarkan panorama pantai yang tak kalah indahnya dengan pulau-pulau lain di Sumenep. 

Pengunjung juga bisa melihat sejumlah tulang ikan paus yang sengaja dipasang warga setempat, untuk menjadi salah satu daya tarik wisata. 

Untuk mencapai lokasi ini, Anda dapat menempuh perjalanan melalui Pelabuhan Dungkek menuju Pulau Gili Iyang dengan menggunakan perahu motor nelayan setempat.

Pengunjung hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 30.000 untuk biaya pulang dan pergi. (akan) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Wisata

View All
EDISI, 19 JANUARI 2024
19 January 2024 - 06:01
EDISI, 19 JANUARI 2024
EDISI, 26 DESEMBER 2023
26 December 2023 - 20:12
EDISI, 26 DESEMBER 2023
EDISI, 21 DESEMBER 2023
21 December 2023 - 06:12
EDISI, 21 DESEMBER 2023
EDISI, 20 DESEMBER 2023
20 December 2023 - 06:12
EDISI, 20 DESEMBER 2023