SUARA INDONESIA

Menjelajahi Keindahan dan Keunikan Tahura Raden Soerjo di Mojokerto

Aditya - 24 June 2024 | 09:06 - Dibaca 1.11k kali
Wisata Menjelajahi Keindahan dan Keunikan Tahura Raden Soerjo di Mojokerto
Tahura Raden Soerjo di Mojokerto. (Foto: Instagram/@tahuraradensoerjo.official)

SUARAINDONESIA, MOJOKERTO - Tahura Raden Soerjo, sebuah kawasan hutan lindung yang terletak di Jawa Timur, termasuk salah satunya di Mojokerto.

Dengan luas yang mencakup empat kabupaten dan satu kota, yaitu Mojokerto, Malang, Pasuruan, Jombang, dan Kota Batu, Tahura Raden Soerjo menawarkan berbagai aktivitas wisata alam yang edukatif serta panorama alam yang memukau.

Sebagai hutan lindung, Tahura Raden Soerjo tidak hanya berfungsi sebagai paru-paru dunia tetapi juga sebagai tempat pelestarian flora dan fauna.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan hutan tropis yang asri, dengan beragam jenis pohon dan tanaman endemik yang sulit ditemui di tempat lain.

Di sini, Anda juga dapat mendengar kicauan burung-burung yang bebas berkeliaran, menambah kesan alami dan damai saat berwisata.

Salah satu daya tarik utama Tahura Raden Soerjo adalah wisata edukatifnya.

Pengunjung dapat belajar tentang berbagai jenis flora dan fauna, serta pentingnya menjaga kelestarian alam.

Bagi para pelajar dan mahasiswa, tempat ini sering dijadikan lokasi penelitian dan observasi alam, yang tentu saja sangat bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan pendidikan lingkungan.

Aktivitas wisata yang paling populer di Tahura Raden Soerjo adalah pendakian.

Kawasan ini memiliki beberapa jalur pendakian yang menantang namun menawarkan pemandangan yang sangat indah di puncaknya.

Namun, perlu diperhatikan bahwa pendakian sangat dilarang dilakukan saat puncak musim hujan karena kondisi medan yang licin dan berbahaya.

Selain pendakian, Tahura Raden Soerjo juga memiliki berbagai objek wisata lainnya yang patut dikunjungi.

Salah satunya adalah Air Terjun Kakek Bodo yang terkenal dengan airnya yang jernih dan suasana sekitarnya yang sejuk.

Ada juga Bumi Perkemahan yang sering digunakan untuk kegiatan pramuka dan camping keluarga.

Tahura Raden Soerjo memiliki lokasi yang strategis, mencakup empat kabupaten dan satu kota di Jawa Timur.

Hal ini membuat akses menuju ke tempat ini cukup mudah dari berbagai arah. Dari Mojokerto, pengunjung hanya memerlukan waktu sekitar 2 jam perjalanan untuk mencapai lokasi ini. 

Tahura Raden Soerjo adalah destinasi wisata alam yang tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga pendidikan lingkungan yang sangat berharga.

Dengan beragam aktivitas yang bisa dilakukan, dari pendakian hingga camping, tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin melarikan diri sejenak dari hiruk pikuk kota dan menikmati ketenangan alam. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aditya
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV