SUARA INDONESIA

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Ungkap Pentingnya Edukasi Pranikah

Mohamad Alawi - 21 October 2023 | 17:10 - Dibaca 786 kali
Advertorial Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Ungkap Pentingnya Edukasi Pranikah
Fitri Maisyaroh, Anggota Komisi IV DPRD Kaltim saat menjadi narasumber seminar pranikah di Balikpapan. (Foto: Alawi/Suaraindonesia.co.id)

BALIKPAPAN, Suaraindonesia.co.id - Hotel Mega Lestari di Kota Balikpapan menjadi saksi bagi sebuah seminar yang mengangkat tema penting "Sebelum 'You & Me' Ucapkan Janji Suci Itu." Acara ini merupakan bagian dari upaya Pemberdayaan dan Peningkatan Keluarga Sejahtera, serta Pembinaan Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga.

Seminar ini merupakan realisasi dari Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga.

Salah satu momen penting dalam seminar ini adalah ketika Fitri Maisyaroh, Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kaltim menjadi narasumber utama.

Dalam kesempatan itu, Fitri menyoroti aspek penting yang sering terlupakan dalam persiapan pernikahan, yaitu ilmu parenting. Fitri menggarisbawahi alasan dan manfaat yang mendasari pentingnya mempelajari ilmu parenting sebelum menikah.

Fitri mengungkapkan bahwa memahami keterbatasan waktu setelah pernikahan adalah langkah bijak. Banyak pasangan yang terlalu sibuk dengan perencanaan pernikahan dan pasca-pernikahan, sehingga seringkali melupakan pentingnya memahami ilmu parenting. 

"Keinginan untuk menikmati bulan madu, bekerja untuk mencukupi kebutuhan keluarga, dan berkunjung ke keluarga besar seringkali mengalahkan keinginan untuk belajar parenting," ungkap Politisi PKS ini.

Ia mengingatkan bahwa mempelajari ilmu parenting sebelum menikah adalah investasi yang berharga.

Lebih lanjut, Fitri juga menyoroti persiapan mental sebagai elemen penting dalam perjalanan menjadi orang tua. "Kesiapan mental ini mencakup pola pikir, sikap, dan tindakan," ujarnya.

Fitri juga menekankan bahwa persiapan mental tidak dapat dilakukan secara tiba-tiba, dan memahami ilmu parenting sebelum menikah dapat membantu pasangan menghadapi berbagai masalah yang mungkin timbul dalam perjalanan menjadi orang tua.

Selain itu, Fitri mengingatkan bahwa kehamilan bisa datang kapan saja. Kehamilan yang tidak terduga dengan persiapan yang minim dapat menjadi beban yang berat. 

"Oleh karena itu, memahami ilmu parenting sebelum menikah adalah langkah bijak untuk memastikan bahwa anak-anak dibesarkan dengan baik," ucapnya.

Fitri juga menekankan sebagai pendidik pertama, pasangan harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang parenting. "Ilmu parenting dapat membantu mereka memahami bagaimana mendidik, mengasuh, dan membimbing anak dengan benar. Selain itu, penting untuk membuat kesepakatan bersama tentang pola pengasuhan anak-anak," katanya.

Sebagai tips akhir, Fitri mengingatkan calon pengantin untuk menentukan tujuan pengasuhan bersama pasangan, mendidik anak sesuai dengan zamannya, dan selalu mengingat bahwa setiap anak adalah amanah yang harus dijaga dengan baik.

"Yang tidak kalah penting adalah pondasi utama dalam pernikahan adalah agama," tandasnya. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mohamad Alawi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV