SUARA INDONESIA

Tingkatkan Partisipasi Politik Masyarakat, Bakesbangpol Situbondo Gelar Pendidikan Politik

Syamsuri - 02 November 2023 | 09:11 - Dibaca 988 kali
Advertorial Tingkatkan Partisipasi Politik Masyarakat, Bakesbangpol Situbondo Gelar Pendidikan Politik
Bakesbangpol Situbondo Gelar Pendidikan Politik. (Foto: Syamsuri/Suaraindonesia.co.id)

SITUBONDO, Suaraindonesia.co.id - Guna meningkatkan partisipasi politik masyarakat dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2024, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Situbondo menggelar sosialisasi pelaksanaan koordinasi di bidang Politik Dalam Negeri (Poldagri) melalui pendidikan politik. 

Kegiatan yang berlangsung dua hari dimulai Rabu-Kamis (01-02/11/2023) bekerjasama dengan Anggota Fraksi Gerindra DPRD Situbondo Jainur Ridho, dan diikuti ratusan peserta. 

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Situbondo Buchari mengatakan, pendidikan politik bagi masyarakat, khususnya bagi pemilih pemula dan kelompok perempuan sangatlah penting. 

Selain untuk mengubah pola pikir, lanjut dia, juga untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Terlebih, menjelang pelaksanaan pemilu serentak pada tahun 2024 mendatang. "Oleh karena itu kami mengadakan sosialisasi ini," ucap Buchari, usai membuka kegiatan, Rabu (01/11/2023). 

Menurutnya, selama ini sebagian masyarakat menganggap politik itu kejam. Padahal politik punya tujuan mulia, yakni untuk pembangunan, termasuk memajukan Kabupaten Situbondo.

"Sehingga pendidikan politik penting agar masyarakat memahami tujuan utama dari politik, yang mungkin selama ini memiliki persepsi cenderung negatif meskipun begitu, jika ada oknum aktor politik yang menyalahgunakan kekuasaan. Salah satunya praktik politik uang untuk menarik pemilih," ujar Buchari. 

Lebih jauh ia menjelaskan, meningkatnya partisipasi masyarakat dalam memilih pemimpin dan anggota legislatif pada pemilu 2024 merupakan tolak ukur keberhasilan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Situbondo.

"Ini sebagai perwujudan kedaulatan rakyat atas hak memilih calon legislatif (caleg) dan Presiden RI yang mendapatkan legimitasi rakyat secara demokratis," ungkapnya.

Buchari berharap kepada para peserta nantinya memiliki pemahaman yang mendalam terkait pemilu, sehingga dapat menggunakan haknya pada pemilu 2024 dengan memilih Pemimpin dan anggota DPRD, DPRD Provinsi, dan anggota DPR RI yang berkualitas. 

“Semoga kita semua dapat menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya sehingga terwujud Situbondo yang aman, damai, nyaman tentram dan Berjaya,” tandasnya.

Sementara Anggota Fraksi Gerindra DPRD Situbondo Jainur Ridho menyampaikan, sosialisasi ini untuk meningkatkan kualitas kader partai politik terkait pemahaman melalui pendidikan politik. 

"Oleh sebab itu masyarakat juga harus diberikan pemahaman agar mereka bisa memahami dan mengawal proses Pemilu yang akan dilaksanakan tahun 2024 berjalan dengan baik, sukses, aman dan lancar," katanya. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV