SUARA INDONESIA

Pemkab Bakal Kucurkan Anggaran DBHCHT Untuk BLT kepada Ribuan Warga Situbondo

Syamsuri - 03 November 2023 | 15:11 - Dibaca 1.22k kali
Advertorial Pemkab Bakal Kucurkan Anggaran DBHCHT Untuk BLT kepada Ribuan Warga Situbondo
Pemkab Situbondo gelar sosialisasi BLT DBHCHT. (Foto: istimewa)

SITUBONDO, Suaraindonesia.co.id- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Dinas Sosial (Dinsos) bakal menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2023 kepada ribuan masyarakat di Situbondo. 

Data yang dihimpun dari Dinsos Situbondo, BLT akan diberikan kepada 3.697 masyarakat penerima manfaat di Situbondo. Adapun sasarannya meliputi buruh pabrik rokok sebanyak 151 orang, buruh pabrik rokok yang terkena PHK 10 orang, serta buruh tani tembakau sebanyak 3.539 orang. 

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan, BLT DBHCHT ini diberikan kepada masyarakat kurang mampu di sejumlah wilayah penghasil tembakau. 

"Bantuan langsung tunai kepada masyarakat ini sebagai upaya pemerintah daerah untuk mensejahterakan rakyatnya.Sehingga masyarakat yang tidak mampu juga bisa menikmati bantuan DBHCHT dengan sebaik-baiknya," ujarnya, Jumat (05/11/2023). 

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kota Santri ini menyampaikan, BLT DBHCHT ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Sebab harga kebutuhan pokok, khususnya beras terus mengalami kenaikan. 

Oleh karena itu, dirinya meminta kepada Dinsos Situbondo untuk segera melakukan verifikasi data penerima. Sehingga bantuan ini bisa segera disalurkan dan tepat sasaran. 

"Saat ini kondisi kebutuhan pokok seperti beras sudah mengalami kenaikan harga. Bahkan di pasar-pasar tradisional itu mencapai Rp15.000,- hingga Rp15.500,- per-kilogramnya. Ini dikhawatirkan bisa berdampak terhadap inflasi daerah," ungkapnya. 

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini juga mewanti-wanti agar BLT DBHCHT ini disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerima. "Saya berharap ini bisa tepat sasaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku," tegasnya

Bupati pun meminta agar penyaluran BLT DBHCHT ke depan bisa lebih merata lagi. Artinya, tak hanya menyasar 14 kecamatan yang merupakan sentra penghasil tembakau. 

"Artinya apa? Bantuan ini juga menyasar masyarakat kurang mampu lainnya. Karena bagaimana pun penghasil tembakau tak akan bisa bergerak manakala tak ada perokok," ucap Bupati. 

Sementara itu, Kepala Dinsos Situbondo, Timbul Surjanto mengatakan, bahwa penerima bantuan ini berasal dari 14 Kecamatan di wilayah Kabupaten Situbondo. 

"Sebelum penyerahan bantuan, kami menggelar sosialisasi terkait BLT DBHCHT, dihadiri 14 camat dan instansi terkait," jelasnya. 

Mantan Camat Kendit ini melanjutkan, nantinya penerima BLT DBHCHT akan mendapatkan uang tunai totalnya sebesar Rp900.000,-, itu selama tiga bulan yakni dari Oktober, November dan Desember 2023. Jadi perbulan masyarakat ini terima Rp300.000,-," tutupnya. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV