SUARA INDONESIA

DPRD Kaltim Usulkan 10.000 Sambungan Listrik untuk Desa Tertinggal

Redaksi - 04 November 2023 | 13:11 - Dibaca 343 kali
Advertorial DPRD Kaltim Usulkan 10.000 Sambungan Listrik untuk Desa Tertinggal
Anggota DPRD Kalimantan Timur Ekti Immanuel. (Foto: Alawi/Suaraindonesia.co.id)

SAMARINDA, Suaraindonesia.co.id - Anggota DPRD Kalimantan Timur Ekti Immanuel menyampaikan, pihaknya tengah mengusulkan rencana pembangunan listrik paling tidak 10.000 sambungan listrik pada rumah warga di desa-desa tertinggal dengan menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). 

"Saat ini, ada rencana dari dinas SDM untuk membangun 2.000 sambungan listrik langsung pada tahun 2024, namun itu dirasa kurang," ujar Anggota Komisi III DPRD Kaltim Ekti di Samarinda, Sabtu (04/11/2023). 

Ia menyambut baik program pemerintah provinsi terkait PLTS karena masih banyak desa yang belum dialiri listrik. Program ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat yang berada di lokasi terpencil dan sulit diakses dengan PT PLN (Persero).

Dalam rencana ke depan, Ekti berharap PLN dapat bekerja sama dengan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota untuk meningkatkan jumlah sambungan listrik. "Selain untuk penerangan, PLTS juga dapat digunakan untuk kebutuhan produktif di masyarakat desa tertinggal, terluar, dan terdalam," katanya.

Program 2.000 sambungan listrik saat ini dianggap kurang oleh Ekti. Oleh sebab itu, ia berharap angka tersebut dapat ditingkatkan, mengingat kebutuhan listrik menjadi dasar dan bisa berpengaruh pada perkembangan sebuah desa.

"Kebutuhan listrik amat penting diupayakan ke rumah-rumah di desa-desa terdalam dan terluar, termasuk desa yang membutuhkan penanganan serius dari Provinsi Kaltim," ungkap Ekti.

Dikemukakannya, tujuan dari usulan ini adalah untuk mencapai pemerataan pembangunan dan memenuhi kebutuhan industri di wilayah tersebut.

"Tentunya program instalasi listrik ini dapat memberikan hasil yang optimal dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di desa-desa terpencil Kaltim," ujar Ekti. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV