SUARA INDONESIA

Anggota DPRD Kaltim Dorong Pemprov Akselerasi Sambut IKN

Redaksi - 06 November 2023 | 15:11 - Dibaca 341 kali
Advertorial Anggota DPRD Kaltim Dorong Pemprov Akselerasi Sambut IKN
Anggota DPRD provinsi Kalimantan Timur Rusman Ya'qub. (Foto: Alawi/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SAMARINDA - Anggota DPRD provinsi Kalimantan Timur Rusman Ya'qub mendorong Pemerintah Provinsi harus berakselerasi atau melakukan percepatan, bekerja ekstra di segala sektor menyongsong perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ke Kaltim.

"Sudah saatnya kita bekerja ekstra di segala sektor, Kaltim harus lakukan akselerasi dengan melakukan lompatan tiga sampai lima kali lipat dibanding provinsi lain karena keistimewaan Kaltim adalah penyangga utama IKN," ungkap Rusman di Gedung DPRD Kaltim, Senin (06/11/2023).

Politisi PPP ini mengatakan, meskipun Pemprov Kaltim sudah mendapatkan capaian yang cukup baik pada 2022 dari sisi indeks pembangunan manusia (IPM) dan juga sektor ekonomi dalam kegiatan ekspor-impor, namun masih ada hal-hal yang perlu diperbaiki.

Salah satunya adalah infrastruktur. Rusman mengatakan, infrastruktur di Kaltim sampai saat ini masih pada level fungsional, belum pada tingkat kenyamanan. Jalan masih banyak yang rusak, baik itu jalan berstatus nasional, provinsi, maupun kabupaten.

"Ke depan yang harus dikejar adalah peningkatan kelas jalan bukan hanya sekadar pada perbaikan jalan, sebab standar jalan kita masih kelas B, maka sampai kapanpun akan menghabiskan uang saja, kecuali levelnya dinaikkan menjadi kelas A dari sisi material dan pekerjaan," ujar Rusman.

Ia menuturkan, Kaltim harus berani berdaulat untuk melakukan perbaikan di segala sektor. Apalagi posisi APBD Kaltim sudah mengalami peningkatan menjadi Rp 25 triliun.

"Apa gunanya APBD besar jika tingkat kesejahteraan masyarakat biasa saja, dan ketimpangan infrastruktur masih ada di daerah pelosok, serta level jalan belum dinaikkan ke kelas A," tegas Rusman. 

Selain infrastruktur, Rusman juga menyoroti kesenjangan sumber daya manusia (SDM). Ia mengatakan, sektor pendidikan Kaltim harus di-upgrade secara besar-besaran, baik dari peningkatan satuan pendidikannya, tenaga pendidiknya, seperti pembenahan pendidikan vokasi yang mesti dikuatkan dari sekarang.

"Status gurunya juga mesti diperhatikan, banyaknya guru honorer yang kompensasinya masih kurang jelas masih perlu diperhatikan. Termasuk upaya kualitas pendidikan yang selama ini tidak merata antara kota dengan di kabupaten apalagi di desa," kata Rusman.

Dari sisi ekonomi, Rusman mengatakan, Kaltim harus melakukan transformasi ke ekonomi yang terbarukan, tapi jangan sampai terlena dengan eksploitasi alam yang tidak terbarukan. Sebagai contoh bagaimana meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Selain itu juga pelayanan publik seperti kesehatan juga ditingkatkan serta mewujudkan Kaltim yang ramah jaringan internet demi mewujudkan Kaltim yang smart," tandasnya.

Rusman meyakini, apabila Kaltim mampu berakselerasi di segala sektor, maka IKN Nusantara akan menjadi momentum kebangkitan Kaltim. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV