SUARA INDONESIA

Perbaiki Saluran Sekunder Untuk Ribuan Hektar Sawah, PU Bina Marga Jember Serta Hippa Gunakan Hand Bag

Yuni Amalia - 25 April 2024 | 12:04 - Dibaca 587 kali
Advertorial Perbaiki Saluran Sekunder Untuk Ribuan Hektar Sawah, PU Bina Marga Jember Serta Hippa Gunakan Hand Bag
Teks Foto: Dinas PU Bina Marga Sumber Daya Air Bersama Hippa saat benahi Saluran Sekunder Desa Padomasan Kecamatan Jombang, Kabupaten Jember

SUARA INDONESIA, JEMBER - Saluran Sekunder sungai Desa Padomasan, Kecamatan Jombang Jember sepanjang 2 KM dengan lebar sungai 3 meter akhirnya diperbaiki oleh dinas PU Bina Marga Sumber daya air serta anggota Hippa.

Puluhan tenaga gabungan tersebut, melakukan perbaikan rembesan dan bocoran di beberapa titik yang disinyalir akan berdampak surutnya air untuk pengairan ribuan hektar sawah yang berada di kecamatan Jombang jika tidak segera dilakukan perbaikan.

Dengan kondisi ini, akhirnya pihak PU Bina Marga Sumber Daya Air melakukan upaya, salah satunya yaitu mengunakan sand bag( tempat pasir- red) untuk menahan retakan atau bocoran di beberapa titik sepanjang aliran sekunder tersebut.

"Upaya kami yaitu melakukan perbaikan, dengan mengunakan ratusan sand bag, hal itu untuk mencegah terbuangnya air buat ribuan hektar sawah yang teraliri air dari sekunder Padomasan ini," kata Koordinator PU Bina Marga Sumber Daya Air Kecamatan Kencong Umar Basar, Kamis ,(25/04/2024) di lokasi perbaikan.

Tidak hanya itu saja, Umar Basar juga menjelaskan jika pengerjaan hari ini ada puluhan tenaga juru dan juga dari Hippa,(Himpunan Pengguna air) yang ikut dalam kegiatan tersebut.

"Ada puluhan pekerja yang ikut mas, dan kita sediakan ratusan hand bag, serta ada sekitar 7 titik rembesan di tangkis sekunder yang kita perbaiki hari ini," jelasnya.

Salah seorang aktivis Jember bernama Ulum, mengaku senang dengan langkah yang dilakukan oleh PU Bina Marga.

Menurutnya, perbaikan saluran sekunder itu sangat penting bagi para petani, agar sirkulasi air lancar.

"Itu sangat bermanfaat. Ini adalah salah satu langkah agar irigasi lancar," lontar Ulum menanggapi. (ADV)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Yuni Amalia
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV