SUARA INDONESIA

Persiapan Pilkada 2024, Bakesbangpol Situbondo Kaji Banding ke Bali

Gono Dwi Santoso - 13 May 2024 | 10:05 - Dibaca 448 kali
Advertorial Persiapan Pilkada 2024, Bakesbangpol Situbondo Kaji Banding ke Bali
Pejabat Struktural dan Fungsional Bakesbangpol Situbondo saat Kaji Banding ke Bakesbangpol Gianyar Provinsi Bali dalam rangka persiapan Pemilukada 2024. (Foto : Istimewa)

SUARA INDONESIA, SITUBONDO - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Situbondo melakukan kaji banding ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gianyar Provinsi Bali.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari dimulai tanggal 6 hingga 8 Mei 2024 ini dalam rangka pelaksanaan Program dan Kegiatan pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Situbondo jelang Pilkada 2024.

Analis Kebijakan Bakesbangpol Situbondo, Nur Rakhmat Junaidi saat dikonfirmasi menyampaikan, selain melaksanakan program kerja, kaji banding dilakukan untuk penguatan kelembagaan dan menambah wawasan, khususnya pada Bidang Politik Dalam Negeri Bakesbangpol Situbondo.

"Yaitu terkait persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024 mendatang," kata Nur kepada Suara Indonesia melalui sambungan telepon, Senin (13/05/2024).

Dalam kunjungan kaji banding tersebut, rombongan diketahui diterima oleh Sekretaris Badan beserta pejabat struktural dan fungsional dari Bakesbangpol Gianyar Bali.

Dalam kesempatan itu, Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Bakesbangpol Situbondo Siti Fatimah menanyakan apa saja persiapan yang sudah dilakukan oleh Bakesbangpol Kabupaten Gianyar dalam menghadapi Pilkada serentak 2024. Termasuk metode apa yang digunakan dalam proses hitung cepat yang dilakukan oleh Bakesbangpol Gianyar pada saat pelaksanaan pilkada tersebut.

"Pihak Bakesbangpol Gianyar yang diwakili oleh Sekretaris menjelaskan ke kami bahwa dalam pelaksanaan Pilkada serentak melibatkan instansi terkait baik vertikal maupun horisontal, sehingga ketika tugas ini dilakukan secara bersama-sama sesuai dengan tugas dan tupoksinya masing masing," beber Nur. 

"Maka tugas kita di dalam pelaksanaan Pilkada 2024 nanti, semuanya akan berjalan dengan lancar dan aman," lanjutnya.

Nur mengatakan, dalam pelaksanaan hitung cepat di Pilkada 2024 nanti, Bakesbangpol Gianyar akan melibatkan Dinas Kominfo dalam pembuatan aplikasinya. Selain itu juga menempatkan petugas disetiap desa sebagai pengumpul data perolehan suara dimasing masing TPS.

"Selain menanyakan persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, kami dalam kegiatan kaji banding ini juga saling bertukar pikiran dalam hal pelaksanaan tugas dan fungsi Bakesbangpol lainnya," pungkasnya. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV