SUARA INDONESIA

BPJS Ketenagakerjaan Gresik Optimalisasi Kepesertaan Ekosistem Desa

Redaksi - 19 July 2024 | 08:07 - Dibaca 1.31k kali
Advertorial BPJS Ketenagakerjaan Gresik Optimalisasi Kepesertaan Ekosistem Desa
BPJS Ketenagakerjaan Gresik gelar pertemuan dengan kades dan perangkat desa dari 2 kecamatan untuk optimalisasi kepesertaan ekosistem desa. (Foto: BPJS Ketenagakerjaan untuk Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, GRESIK - Dalam upaya meningkatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi masyarakat pekerja di pedesaan, BPJS Ketenagakerjaan Gresik mengadakan pertemuan dengan perangkat desa se-Kecamatan Gresik dan Kebomas, Selasa (16/7/2024).

Bertempat di Ruang Rapat Kantor BPJS Ketenagakerjaan Gresik, kegiatan ini dihadiri sejumlah Kades dan perangkat desa yang lain dari dua kecamatan tersebut. Agendanya, selain sosialisasi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan, juga menggali potensi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di desa.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Gresik Bunyamin Najmi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman manfaat program BPJS Ketenagakerjaan pada perangkat desa, yang diharapkan ikut mendukung peningkatan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di desa masing-masing.

Bunyamin mengungkapkan, masih ada ekosistem desa dan Jakon Swakelola Desa yang belum didaftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan. Untuk itu, Bunyamin berharap ekosistem desa dan Jakon Swakelola Desa yang belum didaftarkan tersebut segera didaftarkan. 

"Juga, bagi pekerja informal atau Bukan Penerima Upah (BPU) hendaknya didorong untuk mendaftarkan diri ke BPJS Ketenagakerjaan guna mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan," imbuhnya. 

Terlebih bagi pekerja BPU yang tergolong rentan atau berpenghasilan rendah atau tak cukup untuk kebutuhan sehari-harinya, jangan sampai ada yang tidak mendapatkan perlindungan jaminan sosial. Ini penting, supaya tidak terjadi kemiskinan ekstrim akibat resiko kerja dan kematian. 

Sebagai Kades atau perangkat desa, tutur Bunyamin, secara moral harus bertanggung jika warganya yang rentan mengalami musibah dalam kondisi tidak ada jaminan sosial ketenagakerjaan. Kades dan perangkat desa setidaknya ikut mengupayakan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi mereka.

Dari hasil pertemuan tersebut disimpulkan perlunya ditingkatkan keberlangsungan sinergitas antara BPJS ketenagakerjaan dengan instansi perangkat desa pada ekosistem desa. 

"Para perangkat desa akan terus menggali potensi kepesertaan atas ekosistem desa yang belum daftar BPJS Ketenagakerjaan, dan mendorong seluruh pekerja informal di desanya untuk daftar BPJS Ketenagakerjaan," ujar Bunyamin. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV