SUARA INDONESIA

Hipnotis Ribuan Penonton, Gandrung Sewu 2023 Diwarnai Atraksi Udara

Muhammad Nurul Yaqin - 16 September 2023 | 21:09 - Dibaca 2.30k kali
Budaya Hipnotis Ribuan Penonton, Gandrung Sewu 2023 Diwarnai Atraksi Udara
Gandrung Sewu 2023 di Banyuwangi pukau ribuan penonton, Sabtu (16/09/2023). (Foto: Istimewa).

BANYUWANGI, Suaraindonesia.co.id - Pertunjukan tari kolosal Festival Gandrung Sewu 2023 menuai decak kagum ribuan penonton yang memadati Pantai Marina Boom Banyuwangi, Sabtu (16/09/2023). 1.200 penari Gandrung Sewu sukses memberikan suguhan yang mampu menghipnotis ribuan penonton.

Acara semakin meriah ditambah adanya atraksi Dirgantara dari TNI Angkatan Udara (AU). Di tengah pelaksanaan tari-tarian, sejumlah prajurit terbang menggunakan paralayang. Membawa beraneka macam bendera dengan beraneka macam tulisan.

Para penerjun ini, kemudian mendarat di tengah-tengah hamparan pasir dimana Gandrung Sewu itu dilaksanakan. 

Setelahnya beberapa pesawat tempur meluncur di atas para penari dengan menampilkan berbagai formasi yang memukau. Membuat takjub para penonton yang hadir.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dalam sambutannya mengatakan Gandrung Sewu kali mengangkat tema Omprog The Glory of Art. 

Omprog merupakan mahkota penari Gandrung yang syarat akan nilai filosofis.  Memiliki nilai keagungan, sifat pemberani,  kesetiaan, kebijaksanaan dan harmonisasi antara hubungan manusia dengan tuhan dan alam.

"Gandrung menjadi bahasa yang membawa pesan keindahan keharmonisan yang telah dirajut masyarakat Banyuwangi sejak berpuluh-puluh tahun lalu," kata Ipuk. 

Gandrung sewu juga menjadi inkubator seni dan budaya bagi anak muda di Banyuwangi. Menjadi ruang kreasi dan menggandrungi budaya sendiri.

"Kami ingin memberi wadah, tidak hanya baik aspek teknologi dan kemajuan. Tetapi juga ruang untuk mencintai mencintai kebudayaan," beber Ipuk. 

Kehadiran atraksi kedirgantaraan menjadi pembeda pelaksanaan Gandrung Sewu di tahun 2023 ini. Oleh sebabnya Ipuk menyampaikan terima kasihnya kepada TNI AU karena telah berkolaborasi.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat negara dan beberapa duta besar asing. Nampak hadir Menpan RB, Abdullah Azwar Anas, Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Direktur Pemasaran Menparekraf, Marhen, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Dubes Norwegia dan Dubes Amerika. 

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno memberikan sambutannya melalui virtual. Dalam sambutan itu, Sandi mengatakan Gandrung Sewu masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN).

Oleh sebab itu ia berharap dengan event ini bisa menarik minat wisatawan untuk datang ke Indonesia. Khususnya ke Banyuwangi.

"Semoga membawa dampak positif berdampak pada peningkatan peluang usaha dan peningkatan kunjungan wisatawan ke Banyuwangi," ungkapnya.

 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Yuni Amalia

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV