SUARA INDONESIA

Dirikan Lapak di Kampus, Cara UKM Kewirausahaan UIJ Bangun Kemandirian Finansial Organisasi

Magang - 11 July 2024 | 18:07 - Dibaca 1.38k kali
Ekbis Dirikan Lapak di Kampus, Cara UKM Kewirausahaan UIJ Bangun Kemandirian Finansial Organisasi
Salah seorang mahasiswa saat melayani pelanggan di lapak UKM Kewirausahaan Universitas Islam Jember. (Foto: Rozi untuk Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JEMBER- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kewirausahaan (KWU) Universitas Islam Jember (UIJ) berinovasi membuka lapak jualan di lingkungan kampus. Hal ini cukup menarik, sebab ini adalah lapak pertama yang dikelola langsung oleh organisasi mahasiswa intra.

Ketua UKM Kewirausahaan Irsyad Zahrowi menjelaskan, usaha ini pertama kali dibuka pada 24 Juni 2024. Saat itu, hanya menjual minuman dingin berasa. Seperti es teh dan berbagai jenis susu kocok atau milkshake. "Tapi kami menyebutnya milklatte, plesetan dari milkshake," ujarnya.

Irsyad, panggilan akrabnya, mengatakan, usaha tersebut diberi nama Stand UKM KWU. Harapan ke depan, bukan hanya menjual minuman, tapi juga makanan atau barang yang sesuai dengan kebutuhan pasar. "Sehingga tidak fokus pada satu nama barang," ungkapnya.

Berdirinya Stand UKM KMU ini, kata dia, adalah untuk menjalankan tujuan UKM Kewirausahaan. Yakni membangun kemandirian finansial organisasi dengan menghasilkan pundi-pundi rupiah, khususnya di wilayah kampus. "Di mana penghasilan terbanyak itu berasal dari berjualan," tambah Irsyad.

Mengenai pembeli, Umar, mahasiswa yang bertugas menjaga lapak menjelaskan, mahasiswa Kampus UIJ yang menjadi target pasar cukup antusias. Bahkan, sejak dibuka penjualan cukup stabil. "Kira-kira 20 hingga 30 cup dalam sehari," jawabnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Magang
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV