SUARA INDONESIA

Ramai Pesanan Jelang Hari Kemerdekaan, Perajin Kostum Karnaval di Jombang Panen Cuan

Gono Dwi Santoso - 23 July 2024 | 09:07 - Dibaca 1.52k kali
Ekbis Ramai Pesanan Jelang Hari Kemerdekaan, Perajin Kostum Karnaval di Jombang Panen Cuan
Samiaji saat membuat kostum karnaval di Desa/Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (22/07/2024). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Jelang perayaan Hari Kemerdekaan RI, perajin kostum karnaval di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, kebanjiran pesanan. Seperti usaha yang digeluti Samiaji (47), warga Desa/Kecamatan Bareng. Ia mengaku banyak order dari lokal Jombang hingga Kalimantan.

Pantauan di lokasi, Samiaji sedang sibuk membuat pola untuk dibuat kostum karnaval. Di tangan terampilnya, baju dengan berbagai motif, corak dan model itu, banyak diburu pelanggan. Ia menjual hasil kreasinya itu melalui media sosial.

Ditemui Suaraindonesia.co.id, Samiaji mengatakan, pengerjaan kostum karnaval ini tidak sulit, meski butuh ketelatenan dan kesabaran. Karena mulai mengecat hingga memotong sampai finishing, dilakukan seorang diri.

"Membuat kostum karnaval ini, semakin sulit pola semakin mahal pula biaya yang dikeluarkan. Harga tergantung pemesanan," terangnya, Senin (22/7/2024).

Menurutnya, untuk membuat kostum karnaval dengan motif yang rumit seperti membuat mahkota, pemesanannya harus jauh hari sebelum pelaksanaan. Karena jika mepet, hasilnya kurang maksimal.

"Untuk pesanan lokalan, ada Jombang dan sekitarnya. Kalau online sampai luar pulau, Kalimantan. Waktu pengerjaan tergantung tingkat kesulitannya, biasanya dikerjakan mulai sepekan sampai satu bulanan," ungkapnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV