SUARA INDONESIA

Kaya Manfaat, Kulit Salak di Jombang Diolah Jadi Teh yang Banyak Diburu Pembeli

Gono Dwi Santoso - 07 September 2024 | 09:09 - Dibaca 1.17k kali
Ekbis Kaya Manfaat, Kulit Salak di Jombang Diolah Jadi Teh yang Banyak Diburu Pembeli
Proses pengepakan teh kulit salak oleh pekerja di olahan salak Kunara di Desa Kedungrejo, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu (07/09/2024). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Siapa sangka kulit buah salak yang biasanya dibuang, ternyata bisa diolah menjadi minuman teh yang kaya manfaat. Karena, kandungan kulit buah salak banyak mengandung kalsium.

Kulit buah salak di tangan Kuswartono, pemilik olahan salak Kunara, diolah menjadi berbagai produk olahan. Salah satunya teh celup salak. Selain mengolah kulit, usahanya juga banyak mengolah berbagai produk berbahan buah salak.

"Mulai dodol salak, keripik salak, jenang salak, sirup salak, kopi salak hingga teh salak. Yang dibuat di sini semua berbahan buah salak," terang Kuswartono, Sabtu (07/09/2024).

Dia mengatakan, teh kulit buah salak proses pembuatannya harus berbahan kulit salak yang bagus, tidak terlalu tua dan terlalu muda. Kemudian disortir terlebih dahulu yang bisa dimanfaatkan untuk bahan baku, lalu dijemur di bawah terik matahari langsung.

"Selesai penjemuran, kulit buah salak yang sudah kering dihaluskan pakai mesin blender. Selanjutnya, pengemasan dilakukan di luar. Dan di sini tinggal pengepakan dan siap dipasarkan," ungkapnya.

Kuswartono menambahkan, satu kilogram salak kalau diproses menjadi teh salak menjadi dua boks. Untuk satu pak isi 20 teh celup yang masing-masing berisi 2 gram. Harga per pak Rp 12 ribu.

"Untuk pangsa pasarnya sudah di seluruh regional Jatim. Penjualan dilakukan secara online maupun offline. Untuk penjualan teh buah salak Kunara ini banyak, karena kaya manfaat," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV