SUARA INDONESIA

Begini Aspek Penilaian Lomba RT di Sidoarjo, Hadiahnya Mencapai Ratusan Juta

Amrizal Zulkarnain - 02 February 2024 | 14:02 - Dibaca 2.97k kali
Hiburan Begini Aspek Penilaian Lomba RT di Sidoarjo, Hadiahnya Mencapai Ratusan Juta
Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra, M. Ainur Rahman bersama Badrus Zaman, Tenaga Ahli Kabupaten Sidoarjo. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, SIDOARJO - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pada Kamis (1/2) malam kemarin sosialisasikan lomba Rukun Tetangga (RT) kepada seluruh RT di wilayah Kecamatan Waru, Taman, Sukodono, Tulangan, dan Krembung.

Sementara sosialisasi yang secara langsung dilakukan oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra, M. Ainur Rahman tersebut, memiliki aspek maupun indikator penilaian.

"Sejatinya lomba RT tersebut dibuat untuk menumbuhkan kembali semangat gotong royong warga masyarakat," ujar Ainur Rahman.

Selain itu, menurutnya bahwa budaya gotong royong itu ternyata sejatinya dapat mempercepat tujuan pembangunan di Kabupaten Sidoarjo.

Namun, Ainur, juga tak menampik dengan perkembangan zaman saat ini, budaya gotong royong maupun kerja bakti tersebut semakin lama semakin berkurang.

Harapannya, dengan adanya lomba RT ini dapat menjadi motivasi semangat gotong royong warga dalam menghias lingkungannya.

Perlu diketahui bahwa terdapat 5 kategori dalam perlombaan ini, yakni RT Jimpitan, RT Sehat, RT Asri, RT Berbudaya dan RT Mandiri.

Sebanyak 8.860 RT se Kabupaten Sidoarjo nanti akan memperebutkan hadiah senilai Rp. 300 juta untuk juara pertama dimasing-masing kategori.

Dikesempatan sama, Tenaga ahli Kabupaten Sidoarjo Badrus Zaman, menyampaikan terkait indikator penilaian pada masing-masing aspek kategori lomba.

Disebutkan, dalam lomba kategori RT Jimpitan, ada pada aspek tertib adminitrasi waktu pemungutan dan partisipasi warga.  

"Penilaian RT Jimpitan ini, dilihat dari aspek pemanfaatan hasil jimpitan itu sendiri, apakah digunakan untuk sosial kemasyarakatan ataupun infrastruktur lingkungan," ujar Badrus Zaman.

Sementara, untuk RT Sehat dilihat pada aspek kesehatan lingkungan. Apa diwilayah RT itu terdapat pengelolaan sampah serta kepemilikan jamban sehat serta penghijauannya seperti apa. 

Selain itu, masih menurut Badrus, ada pada kesehatan masyarakatnya juga. Apakah di RT tersebut terdapat Posyandu atau warga yang memiliki balita ditempat tersebut dan aktif mendatangi Posyandu. 

Kemudian aspek lainnya, yakni dilihat dari aspek kesehatan ibu dan anak dilingkungan RT tersebut.

"Kegiatan olah raga massal serta lingkungan itu bebas jentik nyamuk juga salah satu aspek penilaian lomba RT Sehat," paparnya.

Kemudian selanjutnya, pada kategori aspek penilaian RT Mandiri. Menurutnya dilihat pada penguatan kemandirian serta pemberdayaan ekonomi lingkungan RT setempat.

Selain itu, dijelaskannya bahwa aspek tersebut apakah lingkup RT tersebut melakukan kegiatan sosial, seperti santunan fakir miskin dan anak yatim ataupun memiliki inovasi kegiatan dalam mengatasi kemiskinan.

Lalu untuk penilaian RT Asri, aspek penilaiannya terdapat pada kebersihan dan keindahan lingkungan serta tata lingkungan.

"Indikatornya, ada pada pengelolaan sampah dan penghijauan serta ornament lingkungan taman RT," tuturnya.

Selain itu juga, drainase lingkungan dan penerangan jalan, kemudian serta sempadan jalan juga menjadi aspek penilaian RT asri pada tata lingkungan. 

Kemudian penilaian pada RT Berbudaya, aspek penilaiannya pada keberadaan pos kampling, serta sistem pengetahuan masyarakatnya. 

"Seperti apa bangunan fisik serta sistem pengamanan di wilayah RT tersebut," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Amrizal Zulkarnain
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV