SUARA INDONESIA

Sunnah Rasulullah yang Mudah Diamalkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Yuni Amalia - 19 August 2024 | 06:08 - Dibaca 1.64k kali
Hiburan Sunnah Rasulullah yang Mudah Diamalkan dalam Kehidupan Sehari-hari
foto: Sunnah Rasulullah yang Mudah Diamalkan/(pixabay)

SUARA INDONESIA - Sunnah Rasulullah merupakan segala bentuk ucapan, perbuatan, serta ketetapan yang berasal dari Nabi Muhammad SAW. 

Mengamalkan sunnah Rasulullah tidak hanya mendatangkan pahala, tetapi juga membawa keberkahan dalam kehidupan sehari-hari. 

Berikut ini beberapa sunnah yang bisa dengan mudah diamalkan dalam aktivitas sehari-hari oleh setiap muslim.

1. Mengucapkan Bismillah Sebelum Melakukan Sesuatu

Salah satu sunnah yang sangat mudah diamalkan adalah mengucapkan "Bismillah" sebelum memulai aktivitas apa pun. Rasulullah SAW bersabda, “Setiap perkara yang tidak dimulai dengan bismillah, maka perkara itu akan terputus (berkahnya).” (HR. Abu Dawud). 

Dengan mengucapkan "Bismillah", kita memohon keberkahan dan perlindungan Allah dalam setiap langkah yang kita ambil.

2. Bersiwak atau Membersihkan Gigi

Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya untuk menjaga kebersihan, salah satunya adalah membersihkan gigi dengan siwak. 

Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah bersabda, "Seandainya tidak memberatkan umatku, niscaya aku perintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali wudhu." 

Meskipun penggunaan siwak sudah jarang ditemukan, kita bisa menggantinya dengan sikat gigi, yang esensinya tetap menjaga kebersihan mulut.

3. Makan dan Minum dengan Tangan Kanan

Rasulullah SAW selalu menggunakan tangan kanan ketika makan dan minum. Dalam hadis riwayat Muslim, beliau bersabda, "Janganlah salah seorang di antara kalian makan dengan tangan kiri atau minum dengan tangan kiri karena setan makan dan minum dengan tangan kiri." 

Dengan membiasakan makan dan minum dengan tangan kanan, kita mengikuti sunnah Rasulullah yang penuh berkah.

4. Berdoa Sebelum Tidur dan Bangun

Berdoa sebelum tidur dan setelah bangun tidur adalah salah satu sunnah yang sangat mudah untuk diamalkan. Rasulullah SAW selalu mengajarkan umatnya untuk berdoa, agar dilindungi dari gangguan syaitan selama tidur dan diberi kesehatan serta kekuatan ketika bangun. Doa sebelum tidur adalah: 

"Bismika Allahumma amutu wa ahya" yang artinya "Dengan nama-Mu ya Allah aku mati dan aku hidup." 

Dan doa ketika bangun tidur adalah: "Alhamdulillahil ladzi ahyana ba'da ma amatana wa ilaihin nusyur" yang artinya "Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan hanya kepada-Nya kami kembali."

6. Berwudhu Sebelum Tidur

Berwudhu sebelum tidur merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Dalam hadis riwayat Bukhari, Rasulullah SAW bersabda, "Apabila kamu hendak tidur, maka berwudhulah seperti wudhu untuk salat." 

Berwudhu sebelum tidur tidak hanya membersihkan tubuh dari hadas, tetapi juga membuat tidur kita menjadi lebih tenang dan berkualitas.

Mengamalkan sunnah Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari adalah langkah kecil yang bisa memberikan dampak besar, baik di dunia maupun di akhirat. 

Sunnah-sunnah tersebut sangat mudah diamalkan dan tidak memerlukan usaha yang besar, tetapi mendatangkan pahala dan keberkahan yang melimpah. 

Mulailah dari hal-hal kecil seperti mengucapkan Bismillah, membersihkan gigi, hingga menyebarkan salam.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Yuni Amalia
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV