SUARA INDONESIA

#Cari_Aman Berkendara Bawa barang Saat Mudik Lebaran

Redaksi - 02 April 2024 | 12:04 - Dibaca 521 kali
Hiburan #Cari_Aman Berkendara Bawa barang Saat Mudik Lebaran
#Cari_Aman Berkendara Bawa barang Saat Mudik Lebaran. (Foto: MPM Honda Jatim/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SURABAYA - Momen mudik lebaran menjadi salah satu yang ditunggu oleh sebagian masyarakat untuk betemu dengan sanak saudara di kampung Halaman. Saat mudik lebaran, para bikers perlu memperhatikan cara membawa barang dengan aman. Berikut hal yang perlu diperhatikan saat bawa barang agar #Cari_Aman.

1. Berat barang bawaan.

Saat mudik biasanya para bikers akan membawa barang seperti oleh-oleh dan perlengkapan pribadi. Hal ini diperbolehkan saja asal barang yang dibawa tidak melebihi lebar badan motor (jalu setang kemudi) dan ketinggian motor (helm yang kita gunakan). Seimbangkan berat barang di kedua sisi motor untuk menjaga keseimbangan dan sabilitas motor.

2. Gunakan Box.

Apabila membawa barang yang banyak sebaiknya gunakanlah box tambahan dan tentu juga mesih tetap harus memperhatikan dimensinya. Jika tidak menggunakan box , pastikan bahwa semua barang bawaan terikat dengan kencang. Kondisi jalanan yang tak selalu mulus membuat barang bawaan bisa saja merosot atau jatuh sewaktu-waktu. Untuk menghindari risiko itu, ikat barang bawaan dengan tali yang kuat

3. Sesuaikan kapasitas pengendara sepeda motor.

Sepeda motor didesain hanya untuk 2 orang yaitu pengendara dan pembonceng. Jangan sampai melebihi batas yang telah ditentukan, untuk memastikan keamanan. Sangat direkomendasikan 1 sepeda motor hanya digunakan maksimal oleh 2 orang.

4. Kurangi Kecepatan.

Saat membawa barang, berkendaralah lebih lambat dari biasanya, apalagi jika barang bawaan cukup banyak. Ini akan memberikan lebih banyak waktu untuk menanggapi perubahan kondisi jalan.

Apabila memungkinkan barang bawaan bisa ditaruh di bagasi motor. Bagasi motor saat ini memang jadi banyak pertimbangan konsumen dalam memilih motor yang tepat. Pasalnya saat ini motor benar-benar digunakan untuk aktivitas harian. Jadi motor dengan bagasi lapang tentu akan jadi pilihan seperti Honda PCX160, Honda ADV160 , Honda Forza dan Honda Vario160.  

“Sangat penting untuk memperhatikan barang bawaan dengan cermat dan tidak berlebihan. Pastikan untuk membawa barang yang diperlukan dan sesuaikan dengan kebutuhan selama perjalanan. Keselamatan berkendara harus selalu menjadi prioritas, termasuk memperhatikan keamanan dan kenyamanan saat membawa barang bawan saat mudik lebaran," kata Suhari selaku Marketing Communication and Developmenet Division Head MPM Honda Jatim.

"Oleh karena itu, bijaklah dalam membawa barang bawaan sesuai dengan beban yang dianjurkan dan tidak melebihi aturan dimensi yang diperbolehkan agar selalu #Cari_Aman saat berkendara di jalan,” tandasnya. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV