SUARA INDONESIA

Lagi, Pemkot Probolinggo Gratiskan Rapid Test Antigen Bagi Santri

Lutfi Hidayat - 20 May 2021 | 15:05 - Dibaca 1.24k kali
Kesehatan Lagi, Pemkot Probolinggo Gratiskan Rapid Test Antigen Bagi Santri
Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin memantau langsung proses rapid test antigen gratis untuk santri. (Foto: Dok)

PROBOLINGGO - Para santri di Kota Probolinggo yang hendak kembali ke pondok pesantren tidak perlu kebingungan dan mengeluarkan biaya untuk rapid test antigen.

Pemkot Probolinggo telah menggratiskan biaya rapid test antigen guna mencegah penularan Covid-19 di lingkungan pesantren usai libur panjang Ramadan dan Idul Fitri 1442 Hijriah. 

Seluruh Puskesmas di Kota Probolinggo termasuk Labkesda menyediakan layanan rapid test antigen untuk para santri.

Untuk kemudahan dan mengurangi terjadinya penumpukan atau kerumuman, setiap fasilitas kesehatan (Faskes) membatasi jumlah santri yang bisa di rapid test antigen sebanyak 50 orang per-hari.

Layanan rapid test antigen di Faskes dapat dilakukan pada Senin-Kamis sekitar pukul 09.00-11.00 WIB dan Jumat-Sabtu pukul 08.00-10.00 WIB.

Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin mengatakan layanan rapid test antigen diberikan untuk memastikan santri dari Kota Probolinggo yang akan kembali ke pesantren aman dari Covid-19.

"Cukup menunjukkan KK (Kartu Keluarga) dan Kartu Santri sebagai syaratnya. Ini berlaku untuk santri yang mondok di dalam kota maupun luar daerah Kota Probolinggo," kata Habib Hadi, Kamis (20/05/2021).

Jajaran Syuriah PWNU Jatim mengapresiasi kebijakan sejumlah kepala daerah di Jatim yang memberikan layanan gratis rapid test antigen untuk para santri.

Selain Kota dan Kabupaten Probolinggo, sejumlah daerah seperti Kabupaten Pasuruan dan Bondowoso juga menerapkan kebijakan layanan serupa.

Kami berikan apresiasi yang tinggi kepada kepala daerah yang menggratiskan rapid test antigen kepada santri. Untuk daerah yang belum diharapkan kerja samanya," ungkap KH. Syafruddin Syarif, Katib Syuriah PWNU Jatim.

Bagi Pemkot Probolinggo, layanan rapid test antigen untuk santri merupakan yang kedua kali selama masa pandemi Covid-19, bahkan layanan serupa juga diberikan untuk para mahasiswa yang hendak kembali ke kampus masing-masing.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV