SUARA INDONESIA

Peduli Kesehatan Mental Masyarakat, RSUD dr Moh Anwar Sumenep Optimalkan Pelayanan Poli Jiwa

Wildan Mukhlishah Sy - 19 August 2024 | 12:08 - Dibaca 1.47k kali
Kesehatan Peduli Kesehatan Mental Masyarakat, RSUD dr Moh Anwar Sumenep Optimalkan Pelayanan Poli Jiwa
Dokter spesialis jiwa di Poli Jiwa RSUD dr Moh Anwar Sumenep, dr Utomo. (Foto: RSUD dr Moh Anwar Sumenep for suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA, SUMENEP - Sebagai bentuk kepedulian pada kesehatan mental masyarakat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Moh Anwar Sumenep terus berusaha untuk mengoptimalkan seluruh pelayanan yang dimiliki.

Termasuk mengembangkan pelayanan di Poli Jiwa. Salah satu poli, yang diketahui telah beroperasi cukup lama di RSUD dr Moh Anwar Sumenep, baik dari segi fasilitas hingga pemberian edukasi dari dokter spesialis di bidang tersebut.

Kasi Informasi RSUD dr. Moh Anwar Sumenep, Erfin Sukayati menyebut, hal itu merupakan bagian dari komitmen rumah sakit untuk memberikan pelayanan yang komprehensif kepada masyarakat, khususnya dalam bidang kesehatan mental.

"Kami ingin memastikan bahwa semua lapisan masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang mereka butuhkan, termasuk dalam bidang kesehatan mental. Ini adalah bagian dari upaya kami untuk terus kualitas pelayanan RSUD dr Moh Anwar Sumenep," jelasnya.

Pihaknya menilai, beberapa waktu terakhir ada peningkatan yang signifikan terkait kebutuhan masyarakat pada pelayanan kesehatan mental.

"Kami melihat adanya kebutuhan yang signifikan dalam pelayanan kesehatan jiwa. Dengan adanya dokter spesialis jiwa yang telah lama bertugas, kami berharap dapat memberikan penanganan yang lebih baik dan tepat sasaran bagi pasien yang membutuhkan," ujarnya. 

Oleh sebab itu, pihaknya tak hanya berfokus pada penanganan dan fasilitas , tetapi juga mengoptimalkan berbagai cara dalam mengedukasi masyarakat terkait kesehatan mental. Seperti yang dilakukan oleh dokter spesialis jiwa di poli tersebut Dokter Utomo, yang melayani pasiennya dengan gaya religius. 

Erfin menyebut, saat bekerja, Dokter Utomo tak hanya memberi pengobatan secara medis, tetapi juga wejangan-wejangan spiritual keagamaan.

Hal itu bertujuan, untuk memotivasi para pasiennya. Bahkan, kata Erfin, Dokter Utomo tak segan untuk langsung mendatangi pasiennya di lokasi jika memang dibutuhkan. 

"Rumah sakit kami memiliki salah seorang dokter senior yakni dr. Utomo, M Kes, SpKJ, yang siap melayani pasien dengan gangguan kejiwaan. Beliau sudah sangat berpengalaman, jam terbang tinggi. Masyarakat sumenep sangat beruntung memiliki dokter jiwa seperti beliau," ujarnya, Rabu (24/07/2024).

Lebih jauh, Erfin mengatakan, Poliklinik Jiwa RSUD dr Moh Anwar Sumenep juga memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan surat keterangan sehat seperti psikotes/psikometri MMPI sebagai persyaratan berkas lamaran CPNS, TNI-POLRI, jabatan politik dan lainnya.

Tak hanya itu, seperti pelayanan Poliklinik lainnya, pasien Poliklinik Jiwa di rumah sakit plat merah ini juga dicover BPJS. Bahkan mereka yang belum terdaftar BPJS, tetap akan dilayani oleh rumah Sakit melalui Instalasi Peduli Pelanggan dengan cara didaftarkan program Universal Health Coverage (UHC).

Erfin kembali menegaskan, segala upaya tersebut merupakan bagian dari langkah dan komitmen RSUD dr MOH Anwar Sumenep untuk menyediakan pelayanan kesehatan yang komprehensif kepada masyarakat, khususnya di Kota Keris

Dirinya berharap, kehadiran Poli Jiwa serta dokter spesialisnya bisa membuat masyarakat tidak lagi khawatir dan ragu untuk memeriksakan kesehatan mentalnya di RSUD dr Moh Anwar Sumenep.

"Jadi silahkan bagi yang perlu pelayanan kejiwaan bisa langsung ke lantai dua di poli terpadu, bagi yang berkebutuhan khusus bisa menggunakan lift untuk memudahkan mobilitas pasien," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV