SUARA INDONESIA

Ustaz Syafiq Riza Basalamah: Istri Butuh Dinasihati dengan Cinta

Redaksi - 20 January 2022 | 09:01 - Dibaca 1.38k kali
Khazanah Ustaz Syafiq Riza Basalamah: Istri Butuh Dinasihati dengan Cinta
Ustaz Syafiq Riza Basalamah (Foto: Tangkapan Layar Kanal YouTube Bali Mengaji)
JEMBER-Persoalan rumah tangga tentu tidak pernah luput dari prahara, maka peran suami sebagai kepala keluarga sangatlah berpengaruh bagi keberlangsungan hubungan rumah tangga.

Seorang suami haruslah memiliki banyak cara agar urusan rumah tangganya, tetap terkendali dan jauh dari huru-hara. Terutama jika hal tersebut berhubungan dengan istrinya.

Menurut ustaz Syafiq Riza Basalamah, seorang suami harus mampu untuk berprilaku baik kepada istrinya. Seperti yang juga telah Allah tegaskan dalam ayat-ayat-Nya.

"Dan bergaulah dengan mereka menurut cara yang patut," QS An-Nisa' 19.

Selain itu dirinya juga menambahkan, ketika seorang suami melihat kesalahan pada istrinya, maka hendaklah ia memberikan nasihat dengan cara yang santun juga penuh kasih sayang.

"Suamipun harus tahu kalau perempuan itu bengkok, sehingga ia tidak menuntut lebih. Jika ia menemukan sesuatu yang harus diluruskaan dari istrinya, luruskan dengan cinta dan kasih sayang, tidak dengan tangan besinya," jelasnya dalam kanal YouTube Bali Cinta.

Ustaz Syafiq juga menerangkan bagaimana Rasulullah SAW sangat sabar menghadapi istrinya, meskipun beliau telah didiamkan hingga seharian. Berbeda dengan kebanyakan orang saat ini yang sering kali marah ketika melihat sang istri berbuat salah.

"Coba kita didiamin istri, nggak mau ngomong sama kita, didudukan istrinya, dibacakan kitab, bukan gitu, ini perempuan ada sakit hati dengan engkau," tambahnya.

Maka ujarnya, contohlah Rasulullah ketika berada di rumahnya, beliau tak hanya mampu memahami emosi istrinya, tetapi juga tak segan untuk membantu meringankan segala urusan rumah tangga mereka. Sebagiamana yang telah disebutkan dalam hadis.

"Seseorang bertanya kepada Sayyidah Aisyah RA, "Apakah Nabi SAW juga bekerja di rumah?" Sayyidah Aisyah menjawab, "Ya, Nabi SAW itu (di dalam rumah) menggosok sendalnya sendiri, menjahit bajunya sendiri, dan mengerjakan sesuatu di rumah, sebagaimana kalian bekerja di rumah," HR Imam Ahmad. (Ree)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV