SUARA INDONESIA

Khasiat Membaca Basmalah Dalam Kehidupan Sehari-hari

Redaksi - 01 February 2022 | 17:02 - Dibaca 1.75k kali
Khazanah Khasiat Membaca Basmalah Dalam Kehidupan Sehari-hari
Ilustrasi (Foto: Suaraindonesia.co.id)
JEMBER-Kalimat Basmalah adalah bacaan yang tidak pernah lepas dari aktifitas sehari-hari dari mulai bangun tidur hingga terlelap kembali. Hal tersebut, tidak hanya karena kebiasaan orang muslim. Namun, juga memiliki khasiat bagi kehidupan itu sendiri.

Ada banyak sekali hadis yang menganjurkan umat Islam untuk membaca basmalah setiap memulai kegiatan. Seperti makan, minum, berganti pakaian dan lain sebagainya.

Dari beberapa hadis tersebut setidaknya ada sepuluh keutamaan lafaz basmalah yang harus diketahui.

1. Pembuka Al-Qur'an

Dilansir dari kanal YouTube Yufid TV Pengajian & Ceramah Islam disebutkan bahwa Allah SWT membuka kitab-Nya yang paling mulia yakni Al-Qur'an dengan lafaz Basmalah. 

Begitu pula dengan surah-surah yang ada didalamnya, kecuali pada surah ke sembilan yakni QS At-Taubah.

2. Rasulullah SAW mengawali setiap surat yang beliau kirimkan pada raja-raja penguasa dengan lafaz basmalah.

Hal tersebut juga dimkasudkan sebagai dakwah Nabi kepada mereka agar beriman kepada Allah serta mengikuti ajaran agaman yang dia bawa.

3. Isi dari surat Nabi Sulaiaman kepada Ratu Bilqis dari kaum Saba, sebelum ia bersarah diri kepada Nabi Sulaiman dan Tuhannya.

إنه من سليمن و إنه بسم الله الرحمن الرحيم

"Sesungguhnya (surat) itu dari Sulaiaman yang isinya, "Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang," QS An-Naml 30.

4. Permulaan dari setiap ibadah salah satunya wudu.

"Tidak ada wudu bagi orang yang tidak menyebut nama Allah," HR Abu Daud.

5. Dilindungi dari setan ketika makan

Dalam sebuha hadis disebutkan bahwa orang yang tidak mengucapkan basmalah sebelum makan, maka setan ikut makan bersamanya.

6. Penghalang antara pandangan Jin dan aurat manusia.

Sebagaimana yang telah ditegaskan dalam sebuah hadis, jin merupakan makhluk gaib yang keberadaanya tidak bisa dilihat oleh mata manusia. Sementara itu, jin bisa melihat manusia dalam keadaan apapun.

Oleh karena itu, Rasulullah menganjurkan umatnya untuk membaca basmalah saat melepaskan pakaian, agar auratnya tetap terjaga dari pandangan setan.

7. Penghalang setan untuk membuka tempat menaruh barang berharga.

"Tutuplah bejana, ikatlah gharibah (tempat penyimpanan air yang terbuat dari kulit, tutuplah pintu, matikanlah lentera (sejenis lampu) sesungguhnya setan tidak bisa membuka gharibah yang terikat, tidak dapat membuka pintu dan tidak juga dapat menyingkap bejana yang tertutup. Bila engkau tidak mendapatkan tutup kecuali hanya dengan melintangkan di atas bejanannya sebatang ranting dan menyebut nama Allah hendaknya ia lakukan," HR Muslim.

8. Menjadi syarat halalnya hewan yang disembelih.

Hewan yang disembelih tidak didahului dengan mengucap basmalah, maka sembelihan tersebut tidak halal dan dagingnya haram untuk dimakan.

9. Menghalangi setan masuk rumah

10. Menjaga dari gangguan setan saat sedang melakukan hubungan badan antara suami istri

"Jika salah seorang dari kalian (suami) ingin menggauli istrinya dan dia membaca do'a, "Dengan menyebut nama Allah ...... Dan seterusnya," dan jika Allah menakdirkan (lahirnya) anak dari hubungan intim tersebut, maka setan tidak bisa mencelakakan anak tersebut selamanya," HR Bukhari dan Muslim.

Membiasakan diri mengawali setiap kegiatan dengan bacaan basmalah tidak hanya sebagai kebiasaan tanpa makna. Namun juga menjadi tameng untuk menjaga diri dari banyak gangguan setan dalam kehidupan sehari-hari. (Ree)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV