SUARA INDONESIA

Ustaz Hanan Attaki: Kita Butuh Iman

Tim - 09 February 2022 | 16:02
Khazanah Ustaz Hanan Attaki: Kita Butuh Iman
JEMBER- Iman adalah hal mendasar yang harus dimiliki seorang mukmin. Dengan iman hidup dijalani demi ridho Allah SWT, hingga setiap gerak juga gerik kembali pada-Nya.

Ustaz Hanan Attaki mengatakan bahwa manusia membutuhkan iman lebih dari ia membutuhkan udara untuk bernafas. Iman kepad Allah menjadi salah satu sumber kekuatan menjalani hidup, serta melewati rintangan dan cobaan di dalamnya.

Ia menambahkan bahwa iman layaknya udara yang membawa kehidupan. Oleh karena itu iman dibutuhkan dalam setiap keadaan.

"Kita butuh iman kita seperti kita butuh udara, karena dengan iman itu jiwa kita bisa hidup, karena dengan iman itu hati kita bisa bernafas," ujarnya pada kanal YouTube Hanan Attaki Official.

Dirinya juga mengingatkan bahwa tidak selamanya iman berada dalam kondisi yang stabil, kadang kuatnya tak terkalahkan, lalu di lain waktu rapuh seperti kaca.

Karena, pada hakikatnya ungkap ustaz Hanan, iman manusia selalu berubah-ubah, ia bisa bertambah, namun juga bisa berkurang.

"Kita sering mendengar ungkapan dari para ulama, bahwa iman itu yazid wa yangkus. Iman kita pada tabiatnya tidak selalu stabil. Ada kalanyania dalam keadaan nyaman, kuat. Tapi, ada juga dia dalam keadaan drop, keadaan lemah," tuturnya.

Padahal tak pernah ada keadaan dalam sehari tanpa ada iman yang mendasarinya. Begitu pentingnya iman, para ulama mengibaratkannya seperti akar yang harus dijaga dan disirami setiap harinya.

Agar dari akar tersebut tumbuh pohon yang kokoh juga buah yang bermanfaat bagi orang-orang di sekitarnya.

"Para ulama mengumpamakan iman seperti akar, lalu pohonnya adalah sabar dan buahnya adalah kebaikan-kebaikan yang kita lakukan dalam kehidupan kita," tambahnya.

Maka upaya agar iman tetap dalam kondisi baik bahkan bertambah, adalah dengan menjaganya dan menyiraminya setiap hari dengan kajian-kajian keagamaan, ataupun bacaan-bacaan yang mampu menjadi jalan untuk menambah keimanan. (Ree)

Pewarta : Tim
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya