SUARA INDONESIA

Sambut HUT Kemerdekaan RI ke-78, Penyelam Free Diving Kibarkan Bendera di Dasar Laut

Syamsuri - 08 August 2023 | 14:08 - Dibaca 917 kali
News Sambut HUT Kemerdekaan RI ke-78, Penyelam Free Diving Kibarkan Bendera di Dasar Laut
Penyelam free diving bersama Kepala Resort Balanan Taman Nasional Baluran saat melakukan pengibaran bendera merah putih bawah laut di Teluk Pantai Lempuyang Labuhan Merak kawasan Taman Nasional Baluran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

SITUBONDO, Suaraindonesia.co.id - Sebanyak 50 Penyelam free diving bersama Kepala resort Balanan Taman Nasional Baluran melakukan parade merah putih dan pengibaran bendera merah putih bawah laut di Teluk Pantai Lempuyang Labuhan Merak kawasan Taman Nasional Baluran Kabupaten Situbondo, Jawa Timur pada Minggu (06/08/2023) kemarin.

Ketua Spearfishing Situbondo, Radik Heriosa mengatakan Pantai Teluk Lempuyang dipilih sebagai spot merayakan HUT kemerdekaan RI karena di tempat itu ada Trianggulasi peninggalan masa Kolonial Belanda.

Disamping itu, kawasan Labuhan merak juga rawan ilegal fishing dengan Bom Ikan, sehingga para Divers terketuk hati untuk ikut kampanye ttop bom ikan, bersih-bersih dasar laut dari sampah plastik dan edukasi kepada nelayan mengenai pentingnya konservasi bahari.

"Kami juga turut mempromosikan pesona bawah laut terumbu karang di Pantai Lempuyang yang indah yang wajib kita jaga serta lestarikan," ungkap Radik Heriosa.

Para penyelam berasal dari Surabaya, Sidoarjo, Probolinggo, Jember, Banyuwangi dan Situbondo. Sebelumnya mereka melakukan camping ground.

"Semalaman menikmati suasana alam liar jauh dari akses listrik maupun jaringan internet, menyatu dengan alam," ujar salah seorang fotografer alam liar dan underwater, Eko Kintoko kusumo.

Momen pengibaran bendera merah putih di dasar laut tersebut untuk menunjukkan luasnya laut yang ada di nusantara, dengan berjuta kekayaan di dalamnya yang harus tetap dijaga dengan baik.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV