SUARA INDONESIA

Warga Gombel Lama Semarang Pasrah Rumahnya Dibongkar Satpol PP

Andi Saputra - 10 August 2023 | 20:08 - Dibaca 1.04k kali
News Warga Gombel Lama Semarang Pasrah Rumahnya Dibongkar Satpol PP
Bangunan liar yang berhasil dibongkar satpol PP Kota Semarang. (Foto : Andi Saputra/Suaraindonesia.co.id)

SEMARANG, Suaraindonesia.co.id - Satpol PP Kota Semarang melakukan pembongkaran tiga bangunan yang dianggap liar di kawasan Gombel Lama, Kelurahan Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik, Kamis (10/8/2023).

Kasat Pol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan, pihaknya mendapatkan surat rekomendasi pembongkaran dari Distaru.

"Sudah kita komunikasikan sekitar 2 bulan dan kami sudah meminta pemilik bangunan untuk membongkar sendiri tapi tidak dilakukan bongkar sendiri," ujarnya. 

Ia mengatakan, Satpol PP sudah melakukan somasi sejak satu pekan lalu. Sehingga setelah 7 x 24 jam pembongkaran akan dilaksanakan dan terkait dengan tali asih pihaknya tidak campur tangan dan tidak memberikan tali asih tersebut.

"Kami melaksanakan rekom bongkar dari Distaru dan mereka sudah memberikan peringatan dan kami sudah sampaikan ke Pak Lurah untuk menyampaikan pemilik bangunan. Jadi kalau Satpol PP sudah melakukan somasi mohon ditaati karena ini penegakan Perda," jelasnya. 

Fajar menambahkan, Jika tanah yang akan dibangun harus sudah jelas kepemilikannya sehingga tidak masuk ranah pelanggaran.

"Saya minta warga Kota Semarang untuk membangun ditanah yang jelas karena kalau sudah ada aduan masyarakat terbukti melanggar maka Satpol PP akan bertindak," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang pemilik bangunan Tugiyono mengaku pasrah saat melihat bangunan rumah yang sudah dihuni selama 37 tahun harus berakhir dengan pembongakaran oleh petugas Satpol PP.

Tugiyo menambahkan, Setelah bangunan rumahnya rata dengan tanah maka setelah ini berencana akan membuat tenda di atas puing-puing bangunan rumahnya.

"Setelah ini ya tetap tinggal disini mau bikin tenda dan saya kan asli sini," pungkasnya

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Andi Saputra
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV