SUARA INDONESIA

Kodim 0820 Probolinggo Ganti Bendera Merah Putih Usang Ratusan Perahu Nelayan

Lutfi Hidayat - 17 August 2023 | 08:08 - Dibaca 925 kali
News Kodim 0820 Probolinggo Ganti Bendera Merah Putih Usang Ratusan Perahu Nelayan
Komandan Kodim 0820 Probolinggo bersama jajaran Forkopimda Kabupaten/Kota Probolinggo saat mengganti bendera perahu nelayan yang rusak. (Foto: Lutfi Hidayat/Suaraindonesia.co.id)

PROBOLINGGO, Suaraindonesia.co.id - Bendera lusuh, usang bahkan rusak pada perahu-perahu nelayan yang bersandar di Dermaga Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo, Jawa Timur menjadi perhatian Kodim 0820 Probolinggo.

Sehari menjelang perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kodim 0820 Probolinggo menurunkan bendera-bendera merah putih usang dan robek itu dari perahu nelayan, Rabu (16/08/2023).

Korps berseragam doreng itu lalu menggantinya dengan bendera merah putih baru. Sedikitnya, 150 bendera merah putih baru dipasang oleh anggota TNI untuk perahu-perahu nelayan yang biasa bersandar di 4 pelabuhan.

Yakni Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo, Pelabuhan Gili Ketapang, Pelabuhan Pelelangan Ikan (TPI) Paiton dan Pantai Bahak Tongas, Kabupaten Probolinggo.

Komandan Kodim 0820 Probolinggo, Letkol ARM. Heri Budiasto mempimpin langsung penggantian bendera merah putih tersebut yang diikuti oleh jajaran kepolisian dari Polres Probolinggo dan Polres Probolinggo Kota.

Bergabung juga perwakilan Pemkab dan Pemkot Probolinggo, perwakilan Kejaksaan Negeri Kota Probolinggo, Kepala Pengadilan Kota Probolinggo dan KSOP Probolinggo.

Letkol ARM. Heri Budiasto menyatakan, bahwa penggantian bendera merah putih usang dengan yang baru memang hanya sebuah kegiatan simbolis.

“Kalau di daerah-daerah lain sudah banyak yang ngasih bendera ke abang becak, kami di sini perhatikan banyak bendera perahu nelayan yang sudah lusuh, bahkan ada yang robek. Kami di sini ingin menunjukkan bahwa Probolinggo, bersama-sama menyambut HUT kemerdekan Republik Indonesia,” jelasnya.

Namun daripada itu, ada sebuah harapan kepada seluruh nelayan dan masyarakat Probolinggo secara umum, untuk terus menumbuhkan semangat dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia ke depan.

“Penggantian bendera ini memang simbolis. Harapannya adalah kita bersama-sama semangat lagi dalam mengisi kemerdekaan sebisa yang kita lakukan. Untuk nelayan bisa lebih semangat meningkatkan produksi tangkapan ikan, untuk menopang perekonomian Indonesia,” terang Letkol ARM. Heri Budiarso.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV