SUARA INDONESIA

Desa di Blora Masuk Nominasi Desa Cantik, Program Nasional Percepatan Pengentasan Kemiskinan

Gunawan - 18 October 2023 | 11:10 - Dibaca 869 kali
News Desa di Blora Masuk Nominasi Desa Cantik, Program Nasional Percepatan Pengentasan Kemiskinan
Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati saat menghadiri pembinaan Desa Cantik (Cinta Statistik) tahun 2023 di Desa Tutup, Kecamatan Tunjungan, Blora, pada Selasa (17/10/2023). (Foto : Gunawan/Suara Indonesia).

BLORA, Suaraindonesia.co.id - Desa Tutup, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, masuk 17 nominasi Desa Cinta Statistik (Cantik) tingkat Provinsi Jawa Tengah. Saat ini, BPS dan Kemendagri tengah melakukan penilaian, dan diharapkan desa tersebut bisa meraih juara.

Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati mengatakan,  program Desa Cantik hadir guna mewujudkan pembinaan statistik sektoral di tingkat desa/kelurahan secara berkesinambungan dan komprehensif.

“Desa Cantik merupakan program percepatan nasional yang bertujuan meningkatkan kapasitas desa/kelurahan dalam mengidentifikasi kebutuhan data dan potensi yang dimiliki, salah satunya dalam rangka pengentasan kemiskinan,” terangnya.

Pernyataan itu ia sampaikan saat menghadiri sosialisasi pemanfaatan data sektoral untuk menunjang program pengentasan kemiskinan dalam rangka pembinaan Desa Cantik (Cinta Statistik) tahun 2023 di Desa Tutup, Kecamatan Tunjungan, Blora, Selasa 17 Oktober 2023.

Wabup Etik, apaan akrabnya, juga menjelaskan bahwa program Desa Cantik juga merupakan sebuah upaya quick win dari BPS untuk ikut serta dalam program penanggulangan kemiskinan di Indonesia.

Masih tingginya persentase kemiskinan di Indonesia menjadi prioritas bagi pemerintah pusat untuk segera ditangani. "Untuk itu saya sampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada BPS," ucapnya.

Sementara itu, Kepala BPS Blora, Nurul Choiriyati mengemukakan, program pembinaan Desa Cantik dilaksanakan di kabupaten/kota se-Indonesia. Untuk Desa Tutup sendiri pencanangan kali kedua.

“Tahun lalu kami sudah mencanangkan Desa Tutup menjadi Desa Cantik tingkat Kabupaten Blora. Tahun ini, Desa Tutup termasuk 17 yang diwajibkan BPS Provinsi Jateng. Pemilihan ini bukan dari Provinsi tapi dari pusat, artinya Blora masuk ke laga berikutnya yang akan dinilai. Harapannya kita bisa mendapatkan penghargaan,” jelas Nurul Choiriyati.

Nurul menambahkan dengan terpilihnya Desa Tutup, artinya desa tersebut mengakui bahwa data itu penting untuk pembangunan desa untuk memakmurkan masyarakatnya.

“Jika kita konsen tentu akan bisa melaksanakan pendataan secara maksimal. Harapannya desa ini mempunyai data yang akurat, up to date dan bisa dipercaya,” kata Nurul.

Menurutnya dalam penilaian Desa Cantik ini, yang menilai tidak hanya BPS saja namun Kemendagri juga akan ikut menilai. Oleh karena itu diharapkan semua pihak bisa ikut membantu dan menyajikan data terbaik untuk Desa Tutup ini.

“Jika bisa mendapat juara, InsyaAllah akan mendapat dana pembangunan desa. Oleh karena itu mari kita bersama-sama mengupayakan agar dapat data terbaik,” harapnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gunawan
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV