SUARA INDONESIA

Tingkatkan Kompetensi dalam Penanganan Bencana, PMI Kabupaten Tegal Gelar Diklatsar KSR

Ade Windiarto - 03 November 2023 | 16:11 - Dibaca 828 kali
News Tingkatkan Kompetensi dalam Penanganan Bencana, PMI Kabupaten Tegal Gelar Diklatsar KSR
Pemberangkatan peserta Diklatsar KSR PMI Kabupaten Tegal (Ade W/suaraindonesia.co.id)

TEGAL, Suaraindonesia.co.id - PMI Kabupaten Tegal menggelar Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) bagi 38 calon anggota Korps Sukarela (KSR), bertempat di Pantai Larangan, Desa Munjungagung, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Jum'at - Minggu (3-5/11/2023). 

Para peserta Diklatsar KSR diberangkatkan oleh Ketua Bidang Pembinaan Generasi Muda PMI Kabupaten Tegal, Akhmad Mukhtamirin, dari halaman Kantor PMI Kabupaten Tegal, Jum'at (3/11/2023) siang. 

Dalam amanat apel, Akhmad Mukhtamirin menyampaikan agar para peserta dapat menjaga nama baik PMI Kabupaten Tegal dan harus siap menerima segala materi yang akan diberikan oleh fasilitator. 

"Kepada semua peserta ibaratkan botol kosong, yang mau diisi dengan materi-materi kepalangmerahan oleh para pemateri," ucapnya. 

Dijelaskan Mukhtamirin, bahwa dari 38 peserta Diklatsar KSR ini, sebelumnya telah menjalani proses latihan indoor yang kemudian dilanjutkan dengan outdoor selama 3 hari. 

"Sebelumnya kita telah melaksanakan secara indoor dan hari ini 3 November sampai 5 November 2023 dilaksanakan secara outdoor," jelas Mukhtamirin.

Lebih lanjut disebutkan, peserta Diklatsar KSR ini akan dibagi berdasarkan kriteria peminatan dan penilaian untuk mengetahui spesialisasi para peserta. 

"Dari materi-materi dasar nanti akan berkembang, mereka akan diarahkan spesifikasinya kemana. Bisa ke water rescue, pertolongan pertama, dapur umum, logistik, distribusinya atau penanganan bencana," terangnya. 

Sebagaimana diketahui, dalam menangani bencana, PMI berbasis data dan kebutuhan sehingga dalam pelaksanaan akan lebih profesional. 

Sementara Kepala Markas PMI Kabupaten Tegal, Sunarto berharap, dengan adanya Diklatsar KSR ini, maka akan menambah relawan bagi PMI Kabupaten Tegal. 

"Harapannya dengan Diklatsar KSR ini dapat menambah jumlah relawan dalam upaya penanganan bencana," kata Sunarto. 

Selain itu, lanjut Sunarto, bagi peserta yang telah mengikuti Diklatsar KSR secara indoor selama tiga kali pertemuan, dengan dilanjut outdoor maka mereka bisa mendapat bekal serta kompetensi yang lebih baik. 

"Selama kegiatan Diklatsar KSR secara outdoor akan diuji baik teori maupun praktek serta simulasi dengan instruktur dari fasilitator internal PMI Kabupaten Tegal maupun dari eksternal yaitu Galawi Rescue," tutup Sunarto. (*) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ade Windiarto
Editor : Danu Sukendro

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV