SUARA INDONESIA

Polres Situbondo, Kodim dan Pemkab Bersinergi Siaga Penanggulangan Bencana

Syamsuri - 16 November 2023 | 12:11 - Dibaca 801 kali
News Polres Situbondo, Kodim dan Pemkab Bersinergi Siaga Penanggulangan Bencana
Pengecekan personel dan kelengkapan peralatan tanggap bencana usai pelaksanaan apel kesiapsiagaan bencana di Polres Situbondo, Jawa Timur. (Foto: Humas Polres Situbondo)

SITUBONDO, SUARA INDONESIA– Polres Situbondo Polda Jatim bersama Kodim 0823 dan Pemkab Situbondo, menggelar apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam, Kamis (16/11/2023).

Wakapolres Situbondo Kompol I Made Prawira Wibawa, saat membacakan amanat Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, menekankan penyelenggaraan apel kesiapsiagaan tersebut sebagai bentuk kewaspadaan dalam menghadapi bencana.

Menurutnya, penanggulangan bencana harus dilakukan secara terkoordinasi dan kerjasama terpadu. Tidak hanya melibatkan pemerintah saja, tapi juga seluruh lapisan masyarakat, swasta dan relawan.

Sebab, kata dia, mereka itu punya peran penting dalam penanggulangan bencana, sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing.

“Seluruh personel instansi terkait harus mengetahui wilayah yang berpotensi bencana. Kemudian segera melaporkan agar cepat ditangani, sehingga dapat meminimalisasi banyaknya korban. Baik materil maupun immaterial, bahkan nyawa,” ujarnya, saat memimpin apel.

I Made Prawira juga menyampaikan pentingnya menjalin kerjasama antarinstansi dengan sebaik-baiknya. Serta melakukan pembagian tugas yang jelas apabila menghadapi bencana alam di wilayah Situbondo.

Selanjutnya, persiapkan peralatan yang memadai dan tempatkan personel yang bisa mengoperasikan peralatan. Semisal ada kejadian bencana alam, sudah siap dan mendapatkan hasil optimal dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

“Kesiapan personel dan kesiapan sarana prasarana juga penting, sehingga tugas masing-masing instansi saat di lapangan bisa dilaksanakan dengan cepat dan tuntas, serta meminimalisasi korban jiwa," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV