SUARA INDONESIA

Pesan Penting dari Tuban Leadership Forum: Kerusakan Lingkungan dari Industri Nyata 

Irqam - 19 December 2023 | 18:12 - Dibaca 2.15k kali
News Pesan Penting dari Tuban Leadership Forum: Kerusakan Lingkungan dari Industri Nyata 
Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PCNU Tuban menggelar Tuban Leadership Forum 2023. (Foto: Irqam/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, TUBAN - Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PCNU Tuban, Jawa Timur, menggelar Tuban Leadership Forum 2023. Kegiatan yang diikuti para aktivis ini menyoroti kerusakan lingkungan akibat masifnya aktivitas industri.

Forum diskusi yang diselenggarakan pada 16 Desember 2023 di Guest House Hotel, Jalan Pramuka, Kabupaten Tuban ini menyebutkan bahwa ancaman kerusakan lingkungan akibat industri telah nyata.

Hasil kajian Lakpesdam PCNU Tuban, beberapa wilayah yang sudah mengalami kerusakan lingkungan dari industri antara lain di Kecamatan Jenu, Tambakboyo, Bancar, Soko, Rengel dan Palang.

“Kita harus mengakui penetrasi industri di Tuban saat ini sangat tinggi. Mau tidak mau kita harus menyiapkan diri sebagai warga Tuban untuk menyeimbangkan itu pada porsi-porsi yang ideal,” terang Ketua Pelaksana Tuban Leadership Forum 2023 Aam Waro' Panotogomo.

Aam yang juga menjabat Wakil Ketua Lakpesdam PCNU Tuban ini menyebutkan kerusakan lingkungan makin menguat jika terus dibiarkan tanpa pengawalan. Tentu ini akan merugikan masyarakat Tuban.

Tak luput, Kabupaten Tuban saat ini juga dihadapkan pada resiko besar kerusakan lingkungan dari aktivitas tambang ilegal yang marak terjadi saat ini.

“Kita bisa lihat gunung-gunung wilayah sudah mulai terkikis. Jangan-jangan tanggungjawab pengembalian lingkungan belum dilakukan,” ujar Aam.

Untuk itu, Tuban Leadership Forum 2023 yang diikuti para aktivis lintas organisasi ini nantinya akan mengambil peran menjaga keseimbangan. Puluhan pemuda akan turun langsung ke lingkungan yang sudah rusak.

Langkah itu, lanjut Aam, sejalan dengan hablum minal alam atau hubungan antara manusia dan alam. 

“Kita punya peran menjaga, ada harmoni yang harus kita jaga hubungan dengan alam,” tandasnya.

Diketahui, Tuban Leadership Forum 2023 menghadirkan pembicara Pakar Filsafat UIN Sunan Kalijaga Dr. Fahrudin Faiz, Ketua PCNU Tuban Kiai Damanhuri, dan Fitra Jatim Dakelan. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV