SUARA INDONESIA

Kunjungan ke Cilacap, Presiden Jokowi Serahkan Ribuan Sertifikat PTSL untuk Warga

Satria Galih Saputra - 02 January 2024 | 20:01 - Dibaca 1.53k kali
News Kunjungan ke Cilacap, Presiden Jokowi Serahkan Ribuan Sertifikat PTSL untuk Warga
Presiden Jokowi saat berkunjung ke Cilacap menyerahkan ribuan sertifikat PTSL untuk warga. (Foto: Galih/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Ribuan warga Cilacap, Jawa Tengah berkumpul di GOR Premium Pertamina, Cilacap pada Selasa (02/01/2024). Mereka berkumpul untuk bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekaligus menerima sertifikat dari orang nomor satu di Republik Indonesia ini. 

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menyerahkan sertifikat secara simbolis kepada 10 orang perwakilan penerima. 4 sertifikat redistribusi tanah dan 6 sertifikat PTSL. 

Tampak hadir Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto menemani kunjungan Jokowi tersebut. 

Kepala Biro Humas Kementerian ATR/BPN, Lampri mengatakan, ada sekitar 2.000 sertifikat yang dibagikan.

Dari jumlah tersebut, 1.122 sertifikat hasil Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dibagikan kepada warga di Kabupaten Cilacap dan Banyumas. Sementara 878 sertifikat untuk warga Cilacap hasil Redistribusi Tanah yang bersumber dari tanah timbul. 

"Sertifikat Redistribusi ini bersumber dari tanah timbul di Desa Ujunggagak, Kecamatan Kampung Laut, dan ini kali pertama dilakukan di Indonesia," ujar Lampri. 

Diketahui, pemerintah sendiri berkomitmen dalam memberikan kepastian status kepemilikan atas 126 juta lahan yang sejak 2015 dilaporkan belum bersertifikat. 

Sementara hingga saat ini, pemerintah telah menerbitkan sebanyak 101 juta sertifikat dari total target 126 juta bidang lahan yang akan disertifikasi.

Sementara itu, Noto Diarjo salah satu warga asal Kecamatan Kampung Laut mengaku senang menerima dua sertifikat tanah dan sawah. 

"Sertifikatnya gratis, nggak dipungut biaya sama sekali. Prosesnya juga cepat cuma 6 bulan. Terimakasih pak Jokowi telah membantu masyarakat di Kecamatan Kampung Laut. Mudah-mudahan ada manfaatnya untuk kita semua," ujarnya. (*) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV