SUARA INDONESIA

Cegah Aksi Lancung Takaran BBM, Petugas Tera Ulang Dispenser SPBU di Kota Kediri

Phepen - 22 January 2024 | 20:01 - Dibaca 564 kali
News Cegah Aksi Lancung Takaran BBM, Petugas Tera Ulang Dispenser SPBU di Kota Kediri
Tim Disperindagin Kota Kediri ketika melakukan tera ulang alat ukur BBM di SPBU. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, KEDIRI – Agar pompa ukur BBM berfungsi dengan baik dan sesuai takaran, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperdagin) Kota Kediri melakukan tera ulang di sejumlah SPBU. Disperdagin menerjunkan tim lima orang yang terdiri dari penera dan pengawas.

Kepala Disperdagin Kota Kediri Wahyu Kusuma Wardani menjelaskan, kegiatan ini sekaligus dimaksudkan untuk memberi perlindungan kepada masyarakat dari kecurangan penjualan BBM.

“Mulai 2024 ini tera ulang kami awali di SPBU Tempurejo, kemudian hari ini di SPBU Blabak, dan sesuai jadwal akan kita lanjutkan ke SPBU Manisrenggo dan SPBU lainnya di Kota Kediri,” ujarnya, Senin (22/1/2024).

“Ini merupakan agenda rutin tahunan yang kami lakukan, karena tiap tahun SPBU harus melakukan tera ulang,” imbuhnya.

Wahyu menegaskan, pengawasan rutin tersebut sebagai bentuk komitmen dan jaminan Pemerintah Kota Kediri dalam pemenuhan hak-hak masyarakat sebagai konsumen.

Saat melakukan tera ulang, petugas menyiapkan Bejana Ukur Standar (BUS) berkapasitas 20 liter milik UPT Metrologi Legal. Adapun alat yang ditera ulang ialah dispenser BBM dan "nozzle gun" di SPBU.

Dalam kesempatan tersebut, Wahyu sekaligus mengimbau pemilik SPBU, pedagang dan pemilik jasa laundry di Kota Kediri untuk membudayakan tertib ukur. Sehingga masyarakat menjadi lebih tenang dan yakin membeli produk yang dijual.

“Alhamdulillah pedagang dan pemilik SPBU di Kota Kediri sudah semakin baik dan kooperatif, karena memang tera ulang ada masa berlakunya,” paparnya.

Selain itu, kata dia, Disperdagin juga sering melaksanakan pengawasan dan menyediakan pelayanan tera ulang sesuai dengan prosedur.

“Untuk masyarakat umum yang memiliki usaha yang ada timbangannya, bisa datang dan melakukan tera ulang ke kantor Disperdagin secara gratis,” tuturnya.

Sementara itu, Tri Wahyudi, Supervisor SPBU Blabak, merasa dimudahkan dengan fasilitas dan pelayanan yang diberikan Pemerintah Kota Kediri. Menurutnya, petugas tera ulang cukup kompeten sehingga prosesnya bisa dilakukan dengan cepat. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Phepen
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV