SUARA INDONESIA

Peduli Duafa, LAZ Al Azhar Cilacap Bagikan Ribuan Paket Sembako dan Baju Layak Pakai

Satria Galih Saputra - 28 March 2024 | 23:03 - Dibaca 697 kali
News Peduli Duafa, LAZ Al Azhar Cilacap Bagikan Ribuan Paket Sembako dan Baju Layak Pakai
Salah satu warga penyandang disabilitas foto bersama usai menerima paket sembako gratis dari LAZ Al Azhar Cilacap. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar Cilacap berbagi kebahagian di momen bulan Ramadan 2024 melalui program Bazar Ramadan dengan membagikan ribuan paket sembako untuk kaum dhuafa atau orang kurang mampu di wilayah Kota Cilacap dan sekitarnya.

Kepala LAZ Al Azhar Cilacap Muhammad Nur Hadi mengatakan, sebanyak 1.526 paket sembako diberikan secara gratis dengan sasaran keluarga dhuafa dan sejumlah komunitas tertentu binaan LAZ Al Azhar.

"Keluarga dhuafa ini yang ada di sekitar Al Azhar dan untuk komunitas tertentu seperti anak yatim, disabilitas, tuna netra, Lansia, termasuk janda-janda dhuafa binaan kita," ungkapnya, Kamis (28/3/2024).

Selain itu, jamaah pengajian binaan Al Azhar, panti asuhan, serta sejumlah pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap. "Ini dalam rangka membantu sesama yang membutuhkan dan wujud kepedulian," katanya.

"Harapannya masyarakat, khususnya keluarga dhuafa ikut terbantu merasakan bahagia, senang di bulan penuh berkah ini, sekaligus menyambut Hari Raya Idul Fitri. Apalagi sekarang kan ekonomi sedang sulit dan barang-barang mahal," tandasnya.

Sementara itu, untuk paket sembako yang diberikan berisi beras 3 kilogram, minyak goreng, kecap dan gula pasir. "Intinya kebutuhan pokok. 1 paket nilai nominalnya Rp 100 ribu," ucap Nur.

Adapun paket sembako yang diberikan bersumber dari donasi para dermawan melalui program LAZ Al Azhar Cilacap.

"Intinya kami membantu para dermawan untuk melakukan kebaikan melalui program Ramadan Berkah. Jadi mereka menyisihkan sebagian hartanya untuk disedekahkan dan kami wujudkan dalam bentuk paket sembako. Untuk penerima dari tahun ke tahun hampir sama," jelasnya.

"Kami juga punya 100 UMKM binaan LAZ Al Azhar, dan kami sebut hero preaner. Jadi mereka punya komitmen menyisihkan sebagian keuntungannya untuk zakat, infaq dan sedekah di LAZ Al Azhar," imbuhnya.

Selain paket sembako, LAZ Al Azhar Cilacap juga memberikan pakaian layak pakai untuk penerima. "Kita berikan secara gratis juga dan sudah kita kemas sedemikian rupa dibuat semenarik mungkin," tutur Nur.

"Jadi satu kemasan ada yang isi 2, sehingga mereka bisa memilih sesuai dengan klasifikasinya, ada pakaian untuk dewasa dan anak-anak baik laki-laki maupun perempuan," lanjutnya.

Tak hanya itu, di momen bulan Ramadan kali ini, LAZ Al Azhar Cilacap juga membagikan ribuan hidangan buka puasa melalui program Berbagi Bulan Puasa. "Kita berikan ke panti asuhan, pondok pesantren dan jamaah pengajian, termasuk panti Werdha. Selama Ramadan ini kita sudah membagikan sekitar 4.000 paket makanan," beber Nur.

"Kita juga ada program wakaf sumur, jadi kita membantu sumur wakaf untuk pondok pesantren, Masjid dan Mushola. Sampai hari ini sudah 176 sumur. Ini juga sangat membantu," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV