SUARA INDONESIA

Paguyuban Kades se-Kecamatan Jeruklegi Cilacap Gelar Wayang Kulit, Wujud Syukur Jabatan Bertambah Dua Tahun

Satria Galih Saputra - 15 June 2024 | 07:06 - Dibaca 377 kali
News Paguyuban Kades se-Kecamatan Jeruklegi Cilacap Gelar Wayang Kulit, Wujud Syukur Jabatan Bertambah Dua Tahun
Penyerahan wayang dari Camat Jeruklegi kepada Kades Karangkemiri Kuswadi yang akan tampil sebagai dalang di atas panggung. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas penambahan masa jabatan Kepala Desa (Kades) dua tahun yang telah diterima, Paguyuban Kepala Desa se-Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah menyuguhkan pagelaran wayang kulit semalam suntuk untuk hiburan warga masyarakat sekitar.

Pagelaran wayang tersebut disuguhkan saat kegiatan tasyakuran yang digelar di lapangan Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi pada Jumat (14/6/2024) malam.

Acara diawali potong tumpeng kemudian dilanjutkan suguhan wayang. Namun ada yang menarik, dimana salah satu Kades tampil sebagai dalang dan memainkan wayang diatas panggung.

Kades tersebut adalah Kuswadi, dimana merupakan suami dari Wakil Ketua DPRD Cilacap dan saat ini menjabat sebagai Kades Karangkemiri tiga periode.

Dalam kesempatan itu, Kades Karangkemiri tampil diawal menghibur masyarakat yang hadir, dilanjutkan penampilan dari Ki Dalang Sikin Hadi Warsono dari Kecamatan Patimuan.

Saat ditemui, Kuswadi yang juga selaku Ketua Panitia mengatakan, tasyakuran dengan suguhan pagelaran wayang kulit tersebut sengaja digelar sebagai wujud syukur dari para Kades, dan telah diagendakan sejak lama.

"Kegiatan pada hari ini mutlak dari teman-teman Kades se-Kecamatan Jeruklegi, dan memang teragendakan sejak lama, tidak serta merta dadakan. Intinya kalau suatu saat keinginan dari kami yakni perpanjangan masa jabatan Kades terwujud, kami sepakat mengadakan syukuran sekaligus hiburan wayang untuk warga masyarakat sekitar," jelasnya.

"Dan alhamdulillah teman-teman Kades ini mendapat anugerah, dimana masa jabatan mereka termasuk saya diperpanjang. Oleh karena itu, kami mengadakan kegiatan ini. Rencananya dihadiri Pj Bupati," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Kuswadi mewakili Kepala Desa di wilayah Kecamatan Jeruklegi menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang telah mengabulkan keinginan dari Kades berkaitan dengan penambahan masa jabatan.

"Termasuk Pj Bupati Cilacap pada tanggal 10 Juni kemarin telah mengukuhkan serta memberikan SK perpanjangan kepada Kepala Desa se-Kabupaten Cilacap, termasuk Kades di wilayah Kecamatan Jeruklegi, kami sangat berterima kasih," ujarnya.

"Dan kami para Kades insyaallah konsisten dengan ditambahnya masa jabatan ini dengan mengedepankan tanggung jawab yaitu berusaha semampunya untuk mensejahterakan masyarakat di masing-masing desa. Ini karena kami sadar bahwa kami berangkat dari hasil pemilihan," tandasnya.

Sementara itu, Kades Jeruklegi Kulon Ritam Sugianto mendorong Kepala Desa, khususnya di wilayah Kecamatan Jeruklegi dengan penambahan masa jabatan Kades dua tahun ini agar bekerja lebih maksimal dalam melayani masyarakat.

"Selain itu lebih berhati-hati. Intinya bekerja sesuai dengan aturan dan amanah, serta diharapkan teman-teman Kades ini bisa memaksimalkan waktu dua tahun untuk bekerja lebih baik agar desanya semakin maju dan masyarakatnya semakin sejahtera," kata Ritam. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV