SUARA INDONESIA

Arak-arakan Jolen dan Rebutan Gunungan Meriahkan Sedekah Bumi di Desa Kuripan Cilacap

Satria Galih Saputra - 20 July 2024 | 21:07 - Dibaca 1.49k kali
News Arak-arakan Jolen dan Rebutan Gunungan Meriahkan Sedekah Bumi di Desa Kuripan Cilacap
Warga Desa Kuripan tampak berebut gunungan jolen berisi aneka sayuran dan buah-buahan saat acara Sedekah Bumi. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Masyarakat Desa Kuripan, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah menggelar acara sedekah bumi, Sabtu (20/7/2024). Kegiatan budaya ini rutin digelar setiap tahunnya di bulan Muharam atau Suro.

Ada yang menarik dalam kegiatan tersebut, dimana terdapat arak-arakan jolen berisi hasil bumi seperti aneka sayuran, buah-buahan dan lainnya. Puluhan jolen dari masing-masing dusun itu diarak dengan berjalan kaki menuju Balai Desa. 

Menariknya lagi, dalam acara tersebut, tampak warga saling berebut gunungan jolen untuk mendapatkan sayur-sayuran maupun lainnya yang telah diarak sebelumnya. 

Tradisi yang dilakukan warga itu biasa disebut sebagai ngalap berkah, dan mengundang perhatian. Adapun ruwatan dengan suguhan wayang kulit turut menyemarakan acara sedekah bumi tersebut.

"Kirab budaya arak-arakan jolen ini diawali pertama tahun 2022 dan tahun ini yang ketiga kalinya. Ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, kemudian meningkatkan gotong royong masyarakat supaya semakin guyub dan rukun," ujar Kepala Desa Kuripan Heni Hernafianto.

Diharapkan melalui sedekah bumi yang digelar tersebut, kehidupan masyarakat Desa Kuripan menjadi semakin subur, makmur dan lebih sejahtera. 

Di samping itu, wujud nguri-nguri budaya warisan leluhur desa setempat. "Dalam acara sedekah bumi ini, kebetulan ada beberapa kegiatan seperti ziarah, doa bersama, kemudian kirab budaya dan pagelaran wayang kulit semalam suntuk," ungkap Heni.

"Insyaallah kegiatan ini bisa dilaksanakan terus menerus, dan kalau kegiatan yang muncul dari masyarakat dan masyarakat sendiri antusias menyambutnya, saya kira pasti akan berjalan. Buktinya yang ketiga kalinya ini terlihat lebih meriah, lebih semarak daripada sebelumnya," imbuh Kades Kuripan ini.

Untuk selanjutnya, lanjut Heni diharapkan sedekah bumi yang digelar semakin meriah. "Dan masyarakat lebih kreatif lagi dalam berinovasi, terutama jolen-jolen yang dibuat agar lebih bagus lagi dan hasil bumi yang dibawa tentu juga lebih banyak lagi karena kembali lagi untuk masyarakat Desa Kuripan," katanya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV