SUARA INDONESIA

Gowes Genggong Go Green Carnival 2022, Kampanye Pelestarian Lingkungan Dengan Bersepeda

Lutfi Hidayat - 30 January 2022 | 09:01 - Dibaca 3.00k kali
Olahraga Gowes Genggong Go Green Carnival 2022, Kampanye Pelestarian Lingkungan Dengan Bersepeda
Pengasuh Ponpes Zainul Hasan Genggong, KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah, Plt. Bupati Probolinggo, HA. Timbul Prihanjoko dan Inisiator Genggong Go Green Carnival, Gus dr. Haris Damanhuri di jalur gowes Fun Bike.

PROBOLINGGO - Ribuan pecinta sepeda tumpah ruah mengikuti gowes bareng dalam rangkaian event Genggong Go Green Carnival ke-3 Pesantren Zainul Hasan Genggong, Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Minggu (30/01/2022).

Gowes bareng kiai, santri, penghobi sepeda dan masyarakat umum itu dibuka langsung Pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong, KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah.

Sementara pelepasan sekitar 4.100 peserta gowes dilakukan oleh Plt. Bupati Probolinggo, HA. Timbul Prihanjoko yang juga ikut serta mancal sepeda bersama para kiai dan pejabat pemerintah terkait.

"Kita bersama-sama bersepeda, semoga ini menjadi amalan yang sehat lahir dan batin. Generasi sehat, bangsa sehat, Indonesia sehat," ungkap KH. Mutawakkil membuka acara. 


Gowes bareng Genggong Go Green Carnival 2022 tersebut terbagi menjadi 3 kategori, yakni Fun Bike 15 Km, Mountain Bike 25 Km dan Road Bike 36 Km.

Ketiga kategori terpisah melalui jalur berbeda, jalur standar dan datar untuk Fun Bike, jalur tanjakan dan tikungan untuk road bike serta jalur curam ektrem untuk kategori Mountain Bike.

Seorang peserta kategori Road Bike asal Asal Pontianak, Kalimantan Barat, Feri mengatakan informasi gelaran gowes bareng Genggong Go Green Carnival ia dapatkan dari media sosial, ia pun bersama seorang rekannya berangkat menuju Ponpes Genggong untuk menjajal rute Pengunungan Argopuro.

"Saya tahu dari instagram mas, berdua saja sama teman saya. Dua hari lalu saya sudah di pesantren (Genggong) ini. Kalau acara road bike di pesantren jarang, karena di sini ada makanya kami ikut," jelasnya sebelum start jalur tanjakan road bike.

Sementara inisiator Genggong Go Green Carnival Gus dr. Moh. Haris Damanhuri, menyebut ke depan bersepeda diharapkan menjadi gaya hidup masyarakat di tengah polusi udara dan kerusakan alam yang terus terjadi.

"Harapannya bersepeda ini bukan hanya menjadi sarana olahraga, tapi menjadi gaya hidup dan budaya kita. Di mana saat berangkat kerja dan aktivitas lainnya kita bisa bersepeda, selain sehat ini juga dapat mengurangi polusi," Ujar Gus Haris.


Rute Fun Bike yang juga diikuti jajaran undangan pejabat pemerintah seperti Dandim 0820 Probolinggo, Kajari Kabupaten Probolinggo, Pimpinan Bank Indonesia Malang dan Pejabat Perhutani.

Pada pertengahan jalur Fun Bike tersebut, peserta menyempatkan diri menanam bibit pohon di sekitar pesantren di Desa Karangpranti, Kecamatan Pajarakan.

Ribuan peserta gowes memperebutkan 3 hadiah utama sepeda motor matic untuk masing-masing kategori.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV