SUARA INDONESIA

Fenomena 'Xavi Ball' Bawa FC Barcelona Berjaya di Tur Pra-Musim

Ambang Hari Laksono - 01 August 2022 | 12:08
Olahraga Fenomena 'Xavi Ball' Bawa FC Barcelona Berjaya di Tur Pra-Musim

SUARA INDONESIA - Barcelona mengakhiri tur pra-musim mereka di AS saat mereka mengalahkan New York Red Bulls FC 2-0 di New Jersey.

Sebuah gol dari Ousmane Dembele membawa tim Catalan unggul pada menit ke-40 sebelum Memphis Depay menggandakan gol mereka di penghujung pertandingan untuk memberi Barca kemenangan ketiga mereka dalam empat pertandingan selama waktu mereka di Amerika, menyusul kemenangan melawan Inter Miami dan Real Madrid.

Xavi bersama staff akan kembali ke Barcelona dengan hasil terkalahkan sejauh ini di pra-musim. Dan setelah pertandingan persahabatan terakhir mereka di AS, manajer berbicara kepada media, menyatakan bahwa dia senang dengan bagaimana kampanye pra-musim berjalan sejauh ini.

“Tur pramusim secara umum positif. Kami masih memiliki pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi saya puas, “ katanya kepada media dikutip dari barcauniversal.com.

Xavi berbicara tentang pemain baru Robert Lewandowski, yang belum mencetak gol pertamanya untuk Barca dalam tiga penampilan tidak resminya. Mengingat sifatnya yang produktif, menjalankan tiga pertandingan tanpa gol agak tidak seperti biasanya bagi kapten Polandia, tetapi manajer mendukungnya untuk segera pulih.

 “Lewandowski frustrasi, tapi itu normal. Hal yang sama terjadi pada Luis Suárez ketika dia datang. Dia pasti akan mencetak gol,” bebernya.

Selama tur pra-musim, Xavi lebih sering memilih untuk menempatkan Frenkie de Jong sebagai bek tengah. Itu telah dianggap sebagai pesan kepada pemain untuk mempertimbangkan meninggalkan klub karena Barcelona perlu mendapatkan gajinya dari pembukuan, tetapi manajer menolak gagasan semacam itu.

“Saya belum mengirim sinyal apa pun ke Frenkie de Jong. Mari kita lihat apa yang terjadi, karena ada banyak waktu hingga 31 Agustus,” jelasnya.

“Frenkie bermain sebagai bek tengah tidak berarti apa-apa. Ini pramusim, dan kami mencoba pemain di posisi berbeda. Saya memainkan Nico sebagai bek tengah dan Raphinha di kiri. Saya tidak mengirim sinyal. Saya mengatakan hal-hal langsung kepada para pemain,” tambah pria berusia 42 tahun itu.

Berbicara tentang Ousmane Dembele, yang mencetak gol melawan New York Red Bulls, Xavi mengatakan “Saya suka Dembele sebagai pemain. Saya sangat percaya padanya dan dia tahu itu. Sejak saya tiba, dia membuat perbedaan, dengan 13 assist tahun lalu. Sekarang bayangkan pemain sepak bola yang akan kita miliki jika dia mulai mencetak gol,”

Manajer juga memuji pemain baru Raphinha, saat dia berkata: “Raphinha adalah penandatanganan spektakuler untuk Barca. Tidak hanya untuk musim ini tetapi juga untuk masa depan. Dia bergaul dengan baik, memposisikan dirinya dengan baik, bisa mencetak gol, memiliki bola mati yang bagus dan di atas semua itu, dia menunjukkan bahwa dia lapar.”

Manajer Barcelona juga memberikan petunjuk kuat bahwa dia bisa bertahan dengan Ronald Araujo di posisi bek kanan sambil mendukung Eric Garcia dan Andreas Christensen menjadi pasangan yang ideal untuk pasangan bek tengahnya.

“Saya ingin bek tengah saya bagus dengan bola, karena Eric dan Christensen ideal untuk itu. Saya pikir Araujo bisa menjadi bek kanan yang bagus,” katanya.

Xavi juga menegaskan bahwa dia sangat senang dengan kedalaman skuad yang dimilikinya, dengan mengatakan: “Saya ingin memiliki dua pemain awal untuk setiap posisi. Itu adalah masalah yang baik untuk dimiliki. Tahun lalu, kami memiliki skuat kecil. Kami senang memiliki skuat yang lebih lengkap sekarang.”

Legenda klub juga mendoakan Oscar Mingueza setelah transfernya ke Celta Vigo dari Barcelona, dengan mengatakan "Saya senang untuk Mingueza, dan saya berharap yang terbaik untuknya."

Barcelona akan menghadapi Pumas di Joan Gamper Trophy sebelum memulai kampanye 2022/23 melawan Rayo Vallecano dalam waktu dua minggu.

Pewarta : Ambang Hari Laksono
Editor : Muhammad Setyawan

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya