SUARA INDONESIA

Jatim Juara Umum Muay Thai BK PON 2024, 4 Medali Disumbang Atlet Kabupaten Probolinggo

Lutfi Hidayat - 27 August 2023 | 21:08 - Dibaca 1.56k kali
Olahraga Jatim Juara Umum Muay Thai BK PON 2024, 4 Medali Disumbang Atlet Kabupaten Probolinggo
Atlet Muay Thai Kabupaten Probolinggo saat naik podium meraih medali emas pada BK PON Aceh - Sumut 2024 di Surabaya. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, Suaraindonesia.co.id - Cabang olahraga (Cabor) Muay Thai Kontingen Provinsi Jawa Timur lolos sebagai juara umun ajang Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (BK PON) XXI Aceh, Sumatera Utara 2024.

BK PON XXI Aceh - Sumut 2024 digelar di Gelora Pancasila Surabaya 20 - 26 Agustus 2023 kemarin.

Kontingen Muay Thai Jatim meraih 19 medali, 4 medali disumbang oleh 3 atlet Muay Thai asal Kabupaten Probolinggo. Ketiga atlet itu, yakni Dimas Lukito Wardhana berhasil menyabet 2 medali emas sekaligus dari dua kelas berbeda kategori Muayboran dan Muayrobic putra.

Perolehan medali perak disumbangkan oleh Ikke Nurhayati di kelas 48 kg putri. Kemudian Erfin Nofitarini di kelas 54 kg putri. 

Ketua Pengprov Muay Thai Jatim, Baso Juherman, menyebut perolehan 19 medali dengan 7 diantaranya merupakan medali emas itu, disumbangkan dari 4 nomor seni dan 3 nomor tanding.

“Alhamdulillah, kami bisa memenuhi target dengan menjadi juara umum. Ini berkat kerja keras semua elemen mulai atlet, pelatih, official dan pengurus yang selama ini tidak kenal lelah memacu prestasi anak-anak,” ujarnya.

Baso mengatakan, bahwa persaingan di Cabor Muay Thai ini cukup ketat. Terutama saat berhadapan dengan atlet Muay Thai asal Jawa Barat yang memang memiliki lebih banyak atlet berkualitas di nomor tanding. 

“Persiapan kami memang masih di bawah Jabar (Jawa Barat), karena kepengurusan Muay Thai kami baru solid setahun terakhir. Sementara Jabar sudah memiliki persiapan yang lebih panjang, yakni sebelum PON Papua,” terangnya.

Pelatih Muaythai Sasana Gadjah Mada Camp Probolinggo, Serno Lesmana, mengungkapkan kebanggannya atas raihan ketiga atlet binaannya itu.

Tetapi, Serno Lesmana meminta ketiga atlet asal Probolinggo jangan sampai berpuas diri atas torehan prestasi pada BK PON tersebut. Sebab, kata dia, masih ada ajang utama PON yang baru akan digelar pada September 2024.

"Kami bangga atas prestasi dari ketiga atlet binaan kami. Semoga mereka bisa mencapai target utama mereka, yakni lolos kualifikasi dan menyumbang medali di ajang PON Aceh - Sumut tahun depan," harapnya, Minggu (27/08/2023).

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV