SUARA INDONESIA

Tour de Banyuwangi Ijen Etape Ketiga Rabu 24 Juli 2024 jadi Rute Terpanjang, Tempuh Jarak 175,3 KM

Muhammad Nurul Yaqin - 24 July 2024 | 07:07 - Dibaca 4.12k kali
Olahraga Tour de Banyuwangi Ijen Etape Ketiga Rabu 24 Juli 2024 jadi Rute Terpanjang, Tempuh Jarak 175,3 KM
Tour de Banyuwangi Ijen (TdBI) etape kedua, kemarin, yang memulai start di TN Alas Purwo. (Foto: Istimewa).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Tour de Banyuwangi Ijen (TdBI) berlanjut di etape ketiga, Rabu, 24 Juli 2024.

Etape ketiga akan menempuh jarak terjauh pada penyelenggaraan TdBI yang digelar 22-25 Juli 2024. Yakni 175,3 kilometer.

Etape ketiga TdBI 2024 akan start di Dusun Kakao dan finish di Kantor Bupati Banyuwangi. Start akan dimulai pukul 10.00 WIB.

Chairman TdBI Guntur Priambodo menyebut, balapan semakin memanas akan terjadi pada etape tiga ini. 

Peserta bakal dihadapkan pada satu tanjakan dengan elevasi yang cukup ekstrim pada KM 141,3 Pakel. Kendati demikian, jalur flat masih lebih mendominasi.

“Disini mulai ada rolling-rolling. Daerah Pakel tingkat elevasinya mencapai 700 mdpl dengan gradien (kemiringan) 21 derajat sehingga bakal menguras tenaga,” kata Guntur.

Selain tanjakan yang cukup menantang, etape tiga juga terdapat 3 titik sprint. Yakni pada KM 52,2 Seneporejo, KM 68,8 Benculuk, dan KM 122,4 Rogojampi. 

Guntur menyebut, rute ini masih memungkinkan bagi para sprinter untuk menjuarai etape ketiga. Artinya, para pembalap sprinter akan mendapatkan jatah terakhirnya untuk bersaing di klasemen general classification di etape ini.

“Pada etape 1,2, dan 3 kemungkinan peraih yellow jersey masih sprinter. Baru di etape 4 nanti akan ketahuan siapa juara tanjakannya,” ujar Guntur.

Diketahui, Ijen Sulfur Jersey (Yellow Jersey) masih dipertahankan pembalap asal Australia, Ryan Cavanagh, dari Kinan Racing Team, Jepang, yang dia raih sejak etape 1.

Sebelumnya, etape dua Tour de Banyuwangi Ijen (TdBI) yang menempuh rute 153 kilometer, dengan start di Alas Purwo dan finish di Kantor Pemkab Banyuwangi berlangsung sengit, Selasa (23/7/2024). 

Bahkan terjadi dua kali crash yang dialami belasan pembalap menjelang garis finish, karena puluhan pembalap saling adu sprint untuk mengamankan kemenangan. 

Akhirnya pembalap asal Estonia, Martin Laas dari tim Ferei Quick-Panda Podium Mongolia Team, berhasil menjadi yang tercepat dan meraih juara Etape 2, dengan catatan waktu 3 jam 20 menit 46 detik. 

Di peringkat kedua diraih Abdul Halil Mohamad Izzat Hilmi (Malaysia Pro Cyvling), dan Kusuma Terry Yudha dari Kelapa Gading Bikers di urutan ketiga. 

Berikut rute lengkap Tour de Banyuwangi Ijen etape ketiga;

Start Dusun Kakao - Glenmore - Krikilan - Pasar Glenmore - Simpang 3 Telkom Glenmore - Setail - SPBU Setail - Jl. Setail Dasri - Dasri - Karangdoro - Blokagung - Barurejo - Ringintelu - Simpang 3 Pasar Kesilir - Seneporejo - Sambirejo - Bangorejo - Simpang 5 Jajag - Simpang 4 Jajag - Cluring - Sraten - Tamanagung - Kembiritan - Pandan - Pekulo - Kepundungan - Srono - Blambangan - Simpang 4 Tembokrejo - Simpang 4 Palurejo - Pasar Komis - Rejoagung - Wonosobo - Mangir - Rogojampi - Simpang 3 dr. Wirianto - Labanasem - Macan Putih - Pakel - Kluncing - Licin - Glagah - Sasak Perot - Simpang 4 Cungking - Jl. Gajah Mada - Penataban - Giri - Jl. MH, Thamrin - Simpang 4 Lateng - Jl. PB. Sudirman - Simpang 5 - Jl. A. Yani - Finish Kantor Bupati Banyuwangi.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV