SUARA INDONESIA

Tour de Banyuwangi Ijen 2024, Salah Satu Balapan Terbaik di Asia

Muhammad Nurul Yaqin - 26 July 2024 | 10:07 - Dibaca 1.59k kali
Olahraga Tour de Banyuwangi Ijen 2024, Salah Satu Balapan Terbaik di Asia
Tour de Banyuwangi Ijen 2024, dinilai One of The Best di Asia. (Foto: Istimewa).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - International Commissaire Jamaludin Mahmud, menyebut Tour de Banyuwangi Ijen (TdBI), salah satu yang terbaik di Asia. Ia bersyukur TdBI yang digelar dalam empat etape pada 21-25 Juli berjalan lancar dan sukses.

"Dengan kerja sama seluruh pihak di bawah pimpinan Ibu Bupati dan semua yang terlibat, termasuk polisi dan TNI, dan seluruh warga yang memberi dukungan yang hebat kepada event, saya bilang one of the best di Asia," kata Jamaludin, saat penutupan TdBI 2024, Kamis (25/7/2024).

Itulah yang membuat banyak pembalap dunia yang ikut di kejuaraan ini. Bahkan pembalap dunia yang tampil di Grand Tour, Merhawi Kudus, Laas Martin, dan pembalap lainnya turut di kejuaraan balap sepeda satu-satunya agenda UCI Race di Indonesia itu. 

Jamaludin mengatakan telah banyak turut serta menangani berbagai balap sepeda di banyak negara. Saat ditugaskan untuk menangani TdBI sebagai race director, ia mengaku mendapat kesan baik sejak awal ajang balap digelar.

"Saya sudah banyak menangani acara-acara balap sepeda di Asia dan dunia. Dari awal pembukaan event ini, sudah menunjukkan perbedaan," tutur pria asal Malaysia itu.

Ia menyebut, TdBI 2024 telah banyak bertransformasi dari pagelaran sebelum-sebelumnya. Banyaknya anak muda yang terlibat secara langsung dalam mengelola event menunjukan bahwa TdBI adalah pagelaran yang menarik bagi banyak orang.

Jamaludin juga mengaku TdBI adalah salah satu race yang ia inginkan hadir. Dia terlibat penyelenggaraan TdBI sejak tahun pertama penyelenggaraan tahun 2012. 

"Saya melihat event ini akan berada di tahap yang teratas, terutama di Indonesia. Dan akan lebih baik lagi ke depannya. Saya melihatnya setiap tahun terus meningkat," sambungnya.

Sementara President of The Commissaire Panel UCI, Tsunenori Kikuchi, mengucapkan selamat atas kesuksesan TdBI 2024.

"Setelah melewati masa-masa pandemi, Tour de Banyuwangi Ijen akhirnya lahir Kembali. Dengan melibatkan semua departemen yang ada di sini, tour ini mungkin akan menjadi lebih besar pada tahun berikutnya," kata Kikuchi, yang berasal dari Jepang.

Sama dengan Jamaludin, Kikuchi juga pernah menangani Tour de Banyuwangi Ijen pada perlombaan yang digelar sebelum pandemi. Ketika itu, ia berharap bisa kembali terlibat pada balapan-balapan selanjutnya.

"Dan mimpi itu terwujud bahkan saya menjadi pimpinan commissaire di tahun ini," sambungnya.

Kikuchi berharap, TdBI tak berhenti pada 2024. Ajang balap yang juga dinanti-nanti oleh para pembalap lintas negara ini diharapkan dapat terus digelar setiap tahunnya pada tahun-tahun mendatang. 

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan akan terus menggelar Tour de Ijen sebagai bagian dari pengembangan sport tourism di Banyuwangi. Ipuk menilai Tour de Ijen telah menjadi ikon Banyuwangi. 

"Kami bertekad untuk melanjutkan Tour de Ijen di tahun-tahun mendatang, tentu dengan segala perbaikan di dalamnya," kata Ipuk. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV