SUARA INDONESIA

#Cari_aman Berkendara Saat Liburan Akhir Tahun di Trawas

Redaksi - 18 December 2023 | 10:12 - Dibaca 1.13k kali
Otomotif #Cari_aman Berkendara Saat Liburan Akhir Tahun di Trawas
Foto Bikers saat touring. (Foto: MPM Honda Jatim/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SIDOARJO - Musim liburan telah tiba, namun sebelum berlibur, jangan lupa memastikan kondisi badan dalam keadaan sehat jika akan berlibur menggunakan sepeda motor. Bepergian ke tempat wisata menggunakan sepeda motor sangat mengasyikan sehingga banyak para biker yang suka melakukannya seperti di daerah Trawas Mojokerto yang banyak tempat wisata alam yang patut dikunjungi saat liburan apalagi berkendara bersama dengan teman.

Untuk itu, berikut tips #cari_aman yang bisa diterapkan saat berkendara ke tempat wisata. 

Pertama-tama, siapkan kondisi fisik. Berkendara sepeda motor ke tempat yang jauh membutuhkan fisik yang prima sehingga para bikers perlu menjaga tubuh agar sehat. Jangan begadang sebelum touring karena tubuh membutuhkan waktu tidur dan istirahat yang cukup sebagai persiapan berkendara.

Kedua, gunakan safety gear yang tepat dan bersih. Pakai helm full face, sarung tangan yang menutupi penuh jari dan telapak tangan, serta gunakan jaket dan sepatu yang nyaman. Bawa juga jas hujan model setelan (atasan dan bawahan) untuk mengantisipasi hujan turun.

Ketiga, Kenali obyek wisata. Saat berwisata naik motor, kenali obyek wisata yang akan dikunjungi seperti kondisi sekitar dan lainnya sehingga dapat memprediksi bahaya yang akan terjadi. 

Keempat, ketahuilah rute perjalanan yang akan ditempuh dimana informasinya bisa diperoleh melalui berbagai sumber seperti internet, teman yang pernah melakukan touring bermotor ke tempat wisata tersebut, atau penghobi touring lainnya yang memiliki banyak pengalaman menjelajahi obyek wisata.

Kelima, Menguasai motor yang digunakan. Persiapkan kondisi motor agar optimal untuk dibawa berkendara jarak jauh dengan melakukan pengecekan atau servis di bengkel resmi terlebih dahulu. 

“Para biker harus memahami dan menguasai motor yang digunakan beserta keunggulan yang dapat menunjang kelancaran perjalanan," kata Hari Setiawan, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim.

Selain itu juga teknik berkendara sangat penting dikuasai. "Pastikan beristirahat dengan cukup sebelum memulai perjalanan panjang dan lakukan istirahat singkat setiap dua jam untuk merilekskan otot dan menjaga fokus. Dan tetap #Cari_Aman saat berkendara," ujar Hari. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV