SUARA INDONESIA

Ucapkan Selamat HUT Perhutani ke-60, Gus Thon : Perhutani Sebagai Penjaga Hutan Bisa Bermanfaat Bagi Rakyat Indonesia

Mohamad Alawi - 29 March 2021 | 08:03 - Dibaca 1.87k kali
Pemerintahan Ucapkan Selamat HUT Perhutani ke-60, Gus Thon : Perhutani Sebagai Penjaga Hutan Bisa Bermanfaat Bagi Rakyat Indonesia
Gus Thon, Tokoh Jawa Timur dan Budayawan yang pernah mendapatkan tiga Rekor MURI dan LEPRID

 MOJOKERTO - Gus Thon mengucapkan selamat HUT Perhutani ke-60, ia berharap sebagai penjaga hutan, perhutani bisa bermafaat bagi rakyat Indonesia.

"Tak berlebihan bila Indonesia, dan ratusan juta rakyat Indonesia terutama yang tinggal di sekitar hutan bersama yang lain yang mendapat manfaat, harus berterima kasih kepada Perusahaan Hutan Negara Indonesia (Perhutani)," kata Gus Thon.

Gus Thon menjelaskan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN; Perusahaan Umum/Perum, red.) Perhutani yang lahir pada 29 Maret 1961 tersebut merupakan satu-satunya Badan Usaha Milik Negara bidang kehutanan yang bisa bertahan dan setia sebagai pemegang amanah pemerintah dalam pengelolaan hutan lestari

"Hutan sebagai lahan cadangan pangan, hutan sebagai penjaga keseimbangan lingkungan dan hutan tempat masyarakat yang masih bergantung kehidupannya pada hutan," jelas Gus Haji Mas Sulton (Gus Ton/ Gus Thon) tokoh Jawa Timur yang kebetulan memiliki beberapa tempat tinggal di berbagai daerah yang berdekatan dengan kawasan hutan, serta banyak peduli masalah sosial, ketika dikonfirmasi suaraindonesia.co.id tentang Perhutani yang pada tahun 2021 ini memasuki HUT yang ke-60.

Menurut Gus Ton, yang juga pernah mendapat tiga rekor dunia dari MURI dan LEPRID, bahwa Perhutani telah memiliki peranan yang sangat penting bagi bangsa dan negara Indonesia, bagi seluruh rakyat Indonesia, karena jika kawasan hutan tidak dijaga kelestariannya oleh Perhutani dan jaringannya.

"Bisa dibayangkan maka akan terjadi bencana alam yang sangat luar biasa, seperti kerusakan hutan yang parah dan jika hal tersebut terjadi maka bisa menyebabkan banjir bandang yang sangat luar biasa," ujar Gus Thon.

Lebih lanjut Gus Thon menyampaikan, dengan kata lain dengan Perhutani menjaga amanah, berkomitmen mengelola hutan dengan cara ramah lingkungan, menjalankan tanggungjawab sosial perusahaan, telah ikut menyelamatkan bangsa dan negara Indonesia sekaligus memberi kesejahteraan bagi seluruh rakyat, ketika diminta komentar oleh wartawan media ini untuk HUT Perhutani ke-60, BUMN yang dipimpin oleh Wahyu Kuncoro selaku Direktur Utama (pusat, red.) serta Bambang Hendroyono selaku Ketua Dewan Pengawas Perhutani pusat.

"Lebih-lebih setelah tahun 2010 dengan pergantian LOGO Perhutani yang orientasi-nya lebih banyak untuk sosial masyarakat, Perhutani kian memberikan manfaat untuk rakyat diantaranya melalui beberapa skema misal Sistem Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat atau PHBM, lalu Program Kemitraan & Bina Lingkungan, serta kontribusi sosial dalam bentuk lain.

Gus Thon menerangkan, aktivitas riil Perhutani ini termasuk dengan memberikan hak pengelolaan lahan oleh masyarakat, diantaranya Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang memungkinkan masyarakat mengelola lahan Perhutani dalam jangka panjang sehingga masyarakat mendapat jaminan ketenangan sekaligus bermanfat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Bahkan Perhutani juga memberikan berbagai tanaman untuk masyarakat, juga suport terhadap desa sekitar hutan yang mungkin dikembangkan menjadi Desa Wisata sehingga menciptakan bisnis baru untuk masyarakat," sambung Gus Thon.

"SELAMAT HUT PERHUTANI KE-60 semoga ke depan kian bermanfaat untuk masyarakat, dan membantu pengentasan kemiskinan yang masih ada," ungkap Gus Haji Mas Sulthon / Gus Ton tokoh Jawa Timur yang rutin memberikan santunan untuk anak yatim, fakir miskin, serta pihak-pihak yang dinilai membutuhkan di berbagai daerah di Jawa maupun di luar Jawa.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mohamad Alawi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024