SUARA INDONESIA

Bupati Keerom, Hilangkan Stigma Negatif Terhadap Warga Disabilitas

Mustakim Ali - 04 December 2021 | 10:12
Pemerintahan Bupati Keerom, Hilangkan Stigma Negatif Terhadap Warga Disabilitas

KEEROM - Pemerintah Kabupaten Keerom memberikan support dan dukungan kepada masyarakat penyandang disabilitas dalam memperingati hari Disabilitas Internasional yang berlangsung di Aula kantor bupati pada, Jumat (03/11/2021).

Kegiatan yang dipimpin Bupati Keerom, Piter Gusbager dan Wakil Bupati, Wahfir Kosasih itu dihadiri oleh masyarakat penyandang disabilitas serta forkopimda dan segenap tokoh masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut masyarakat yang masyarakat yang berkebutuhan khusus, lansia dan yatim piatu mendapatkan dukungan dari pemkab Keerom dan juga kementerian terkait berupa bantuan baik itu uang tunai, kursi roda, alat bantu kebutuhan khusus lainnya. Selain itu juga Pemkab Keerom memberikan bonus terhadap dua orang atlet peraih medali di Praparnas Papua beberapa waktu lalu.

Dalma kesempatannya Bupati Keerom, Piter Gusbager berharap agar masyarakat keerom hilangkan stigma negatif tentang keberadaan masyarakat yang berkebutuhan khusus.

"Sesama anak bangsa saya mengajak masyarakat keerom untuk merubah mindset berpikir kita atas kesetaraan terhadap warga disabilitas, karena sesungguhnya mereka sejajar dengan kita," ujar Piter Gusbager.

Bupati ingatkan untuk tidak ada lagi pengabaian dan stigma negatif terhadap penyadapan disabilitas. Di Papua lanjut Piter Gusbager sudah terbukti bahwa warga disabilitas bisa memberikan kontribusi yang luar biasa terhadap pembangunan, hal ini terbukti dengan Papua berhasil menjadi juara umum dalam pelaksanaan Praparnas 2021.

"Ini membuktikan komitmen masyarakat Papua atas kesetaraan terhadap warga disabilitas begitu luar biasa dan ini diharapkan bisa menjadi contoh atau motivasi bagi semua daerah khusus Kabupaten Keerom," bebernya.

Bupati juga berkomitmen untuk memberikan ruang bagi warga disabilitas di Kabupaten Keerom. Untuk itu dikesempatan tersebut dirinya meminta kepada dinas terkait agar segera melakukan pendataan sehingga pemerintah bisa mengeluarkan program khusus bagi masyarakat berkebutuhan khusus.

"Tahun depan kita akan siapkan program untuk mengakomodir warga yang berkebutuhan khusus, entah itu saran kreativitas atau hal-hal yang lainnya, sehingga penyandang disabilitas di keerom bisa berekspresi sama dengan warga yang lainnya juga," tuturnya.

Ketua KNPI Keerom itu juga meminta kepada semua yang berkaitan dengan layanan publik baik itu instansi pemerintah, perbankan, TNI Polri dan yang lainnya untuk menyiapkan ruang khusus bagi penyandang disabilitas sebagai wujud komitmen kita bersama untuk kesetaraan.

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV