SUARA INDONESIA

Raih Hikmah Ramadhan, BUMDes Citra Abadi Desa Lombok Kulon Bondowoso Bagikan Paket Sembako pada Fakir Miskin

Bahrullah - 25 April 2022 | 12:04
Pemerintahan Raih Hikmah Ramadhan, BUMDes Citra Abadi Desa Lombok Kulon Bondowoso Bagikan Paket Sembako pada Fakir Miskin

BONDOWOSO - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Citra Abadi Desa Lombok Kulon, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, menggelar bakti sosial membagikan puluhan paket sembako pada warga desa yang tergolong fakir miskin.

Kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan untuk meraih berkah di bulan suci ramadhan dengan menggunakan anggaran sebagian hasil pendapat kegiatan usaha BUMDes Citra Abadi selama satu tahun.

Hal itu sebagaimana disampaikan Mulyono Ketua BUMDes Citra Abadi Desa Lombok Kulon, pada media, Senin (25/4/2022).

Lebih lanjut, Mulyono menerangkan, BUMDes Citra Abadi Desa Lombok Kulon berdiri pada tahun 2016.

" Alhamdulillah sampai saat ini BUMDes Citra Abadi sudah memiliki 3 unit usaha yaitu Unit Layanan Jasa Keuangan, Unit Persewaan Peralatan Pesta dan Unit Prestashop atau Pom Mini yang bekerjasama langsungnya dengan PT Pertamina Indonesia," kata Mulyono.

Mulyono menjelaskan, dalam perjalanannya menjalankan kegiatan usaha pada Tahun 2021 BUMDes Citra Abadi berhasil membukukan laba usaha sebesar Rp. 45.020.000 juta.

" Dari pendapatan tersebut BUMDes bisa menyetor Pendapatan Asli Desa (PAD) kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Lombok Kulon sebesar Rp.12.150.000 juta," imbuhnya.


Selain untuk PAD lanjut Mulyono, BUMDes Citra Abadi juga bisa menyisihkan untuk kegiatan bakti sosial (Baksos) berupa pembagian sembako kepada masyarakat miskin yang ada di Desa Lombok Kulon yang telah disalurkan pada bulan ramadhan ini.

" Adapun nilai total nominal yang digunakan untuk kegiatan bakti sosial adalah sebesar Rp.4.025.000 rupiah dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 42 Orang fakir miskin," jelasnya.

Di lain pihak, Mulyono Kades Lombok Kulon sangat mengapresiasi terhadap apa yang telah dicapai oleh BUMDes Citra Abadi.

" Kamis sebagai Kades juga bangga dari hasil kegiatan usaha juga dibuat untuk kegiatan bakti sosial yang diperuntukkan untuk warga desa fakir miskin, terutama warga yang belum tercover oleh bansos lainnya," kata Mulyono.

Menurut Mulyono, ini salah satu bukti nyata bahwa keberadaan BUMDes itu sangat bermanfaat untuk warga desa, khususnya warga desa Lombok Kulon.

" Semoga kegiatan usaha BUMDes Citra Abadi Desa Lombok Kulon kedepan semakin sukses dan hasilnya terus bermanfaat untuk warga miskin seperti saat ini," katanya.

Dia berharap, kedepan BUMDes itu bisa lebih meningkatkan prestasinya di dalam pengembangan usaha.

Dia juga mengucapkan rasa terimakasih kepada Bapak Jokowi Presiden RI dan Gus Menteri Desa PDTT Halim Iskandar, karena dengan adanya Dana Desa yang sangat bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat terutama peningkatan ekonomi desa.

" Tak lupa pula saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa yang terut serta mendampingi, menfasilitasi, serta mensupport semua kegiatan desa, khususnya Desa Lombok Kulon," pungkasnya.***

Pewarta : Bahrullah
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya