SUARA INDONESIA

Persiapan Mudik Lebaran, Dishub Jember Lakukan Inspeksi Keselamatan

Wildan Mukhlishah Sy - 27 April 2022 | 13:04
Pemerintahan Persiapan Mudik Lebaran, Dishub Jember Lakukan Inspeksi Keselamatan

JEMBER- Sebagai upaya persiapan menghadapi mudik lebaran 2022, Dinas Perhubungan (Dishub) Jember, melakukan Inspeksi Keselamatan (Ramp Chek) khusus bagi armada bus yang ada di Terminal Tawang Alun, Kamis (27/4/2022).

Pemerikasaan yang dilakukan antara lain, memastikan kondisi kendaraan, kesehatan kru armada dan kelengkapan surat-surat kendaraan.

Kepala Dishub Jember Agus Wijaya mengungkapkan, tes urin bahkan dilakukan kepada para supir angkutan, untuk menghindari adanya laka lantas yang diakibatkan oleh kelalaian supir yang mengkonsumsi Narkoba atau obat-obatan terlarang.

Selain itu juga memastikan, bahwa sopir tidak memiliki indikasi penyakit tertentu, yang dapat membahayakan penumpang, selama di perjalanan.

"Dengan begitu, kita dapat melakukan tindaka preventif, untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan para penumpang," jelasnya, kepada awak media, Kamis (27/4/2022).

Pihaknya juga secara langsung memeriksa teknis spesifikasi jaringan bus, yang terhubung dengan pusat. 

Dan menemukan, beberapa diantaranya tidak terkoneksi dengan baik, sehingga pihaknya melalui tim penguji akan melaporkan hal tersebut, pada distributor angkutan.

"Ada beberapa yang jaringannya tidak terkoneksi dengan pusat, jadi kita dari pihak pengujian melaporkan itu kepada distributor Jawa Timur," paparnya.

Bagi kendaraan yang dinyatakan layak oleh Dishub dan Komisi C DPRD Jember, maka diperbolehkan untuk berangkat, dengan diberikan stiker kelayakan.

Namun, kendaraan yang belum memenuhi kriteria maka terpaksa dikeluarkan dari teminal, melalui pemberitahuan kepada Kasatpel Terminal Tawang Alun.

"Ada tadi kita temukan tidak layak untuk berangkat, kita minta kepada Kasatpel agar bus tersebut tidak diperbolehkan beroperasi terlebih dahulu," ujarnya.

Diketahui dari 5 armada yang diperiksa pada giat Ramp Chek kali ini, ditemukan satu bus yang belum bisa beroperasi, karena kondisi ban yang sudah menipis, yakni Akas Asri jurusan Surabaya.

Sekedar diinformasikan, pada kegiatan kali ini, Dishub bekerjasama dengan Satpel Terminal Tipe A Tawang Alun, Satlantas Polres Jember, Jasa Raharja dan Dinas Kesehatan (Dinkes Jember).

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya