SUARA INDONESIA

Wow! Anggaran Untuk Operasional Satlinmas di Cilacap Rp 3,8 Miliar per Tahunnya

Agus Sulistya - 10 June 2022 | 21:06
Pemerintahan Wow! Anggaran Untuk Operasional Satlinmas di Cilacap Rp 3,8 Miliar per Tahunnya

CILACAP - Pemerintah kabupaten Cilacap telah mengalokasikan anggaran untuk anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah setiap melalui Satpol PP Cilacap. 

Pelaksana tugas (Plt) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cilacap, Misran mengungkapkan, bahwa anggaran tersebut untuk biaya operasional ribuan anggota Satlinmas yang ada di masing-masing Desa/Kelurahan.

Diketahui, anggaran yang dialokasikan untuk biaya operasional anggota Satlinmas tersebut per tahunnya sebesar Rp 3,8 Miliar bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Cilacap. 

Adapun jumlah anggota Satlinmas yang terdaftar di Satpol PP Cilacap dan menerima bantuan operasional tersebut sebanyak 6362 orang yang ada di 12 Kecamatan di Kabupaten Cilacap.

Lebih lanjut, kata dia, anggaran tersebut disalurkan setiap tiga bulan sekali atau Tri Wulan ke masing-masing rekening bendahara Desa/Kelurahan kemudian diberikan ke masing-masing anggota Satlinmas yang terdaftar. 
 
"Semenjak saya jadi Kepala Bidang Linmas, mulai dari tahun 2019 sampai saat ini tidak ada perubahan. Kita rutin menyalurkan  bantuan operasional tersebut. Masing-masing anggota Satlinmas menerima Rp 50 ribu per bulannya, namun per tiga bulan," ungkapnya, Jumat (10/6/2022). 

Lebih lanjut, disampaikan Misran, bahwa Pemkab Cilacap sementara hanya bisa menganggarkan untuk 12 anggota Satlinmas di masing-masing Desa/Kelurahan.

Apabila ada kelebihan anggota Satlinmas, pihaknya mempersilahkan pihak Desa atau Kelurahan untuk mengatur dana tersebut, namun melalui kesepakatan bersama. 

"Dan untuk tahun ini, Tri Wulan l mulai bulan Januari hingga Maret 2022 ini sudah kami salurkan, nanti selanjutnya Tri Wulan ke ll kita salurkan kembali," pungkasnya. (Satria Galih Saputra)

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya