SUARA INDONESIA

Deklarasi Dikumandangkan, Jejaring Panca Mandala Pandhalungan Siap Sosialisasikan Nilai Pancasila di Jember

Ambang Hari Laksono - 30 July 2022 | 12:07
Pemerintahan Deklarasi Dikumandangkan, Jejaring Panca Mandala Pandhalungan Siap Sosialisasikan Nilai Pancasila di Jember

JEMBER — Usai menerima pembekalan Pembinaan Ideologi Pancasila yang dilaksanakan selama 3 hari di Surabaya, Jejaring Panca Mandala (JPM) Pandhalungan milik Kabupaten Jember akhirnya resmi terbentuk.

JPM Pandhalungan Jember resmi terbentuk usai pembacaan deklarasi yang digelar di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (28/07/2022) lalu.

JPM Pandhalungan sendiri saat ini terdiri dari 5 unsur yakni Unsur Pemerintahan, Unsur Media, Unsur Pendidikan, Unsur Pengusaha dan Unsur Ormas.

Dalam pembacaan deklarasi yang dilakukan di hadapan Gubernur Jawa Timur dan Kepala BPIP itu, JPM Pandhalungan Jember diwakilkan oleh Unsur Ormas, Sugeng Widodo.

Selain itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Jember, Dr. H. Edy Budi Susilo juga hadir untuk mewaliki Bupati Jember yang berhalangan hadir.

Dalam ikrarnya, JPM Pandhalungan Kabupaten Jember memiliki program untuk terus mensosialsasikan Pancasila kepada seluruh masyarakat.

“Program utama JPM Pandhalungan Jember adalah membentuk Kader Pancasila yang dilaksanakan di tingkat pendidikan mulai dari SD, SMP hingga SMA. Konsep kegiatannya adalah pendidikan dan pelatihan, hingga terbentuk 1000 orang Kader Pancasila,” ujar perwakilan Kabupaten Jember saat pembacaan ikrar.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menjelaskan jika kegiatan Pembinaan Nilai-nilai Ideologi Pancasila ini adalah kegiatan yang sangat bermanfaat terutama untuk kembali membumikan Pancasila sebagai dasar negara.

“Jejaring Panca Mandala ini kami harapkan mampu menjadi mentor bagi seluruh masyarakat untuk bisa kembali mensosialsasikan Nilai-nilai Pancasila, menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari terutama di Kabupaten/Kota bapak ibu masing-masing,” pungkasnya. 

Pewarta : Ambang Hari Laksono
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya